Supaya tema pada desain ruang keluarga sama seperti yang diharapkan, warna ternyata juga memiliki peranan yang penting di dalamnya. Jika sampai salah memilih warna, maka nuansa yang dihasilkan juga tidak sama. Lantas warna apa yang hendak dipilih? Warna dingin atau hangat? Informasi berikut ini mungkin dapat menjadi jawabannya.

Sebenarnya tidak hanya berlaku untuk ruang keluarga saja, warna biasanya juga merupakan hal pertama yang akan menjadi pertimbangan saat mendesain sebuah ruangan. Warna telah menjadi materi dekorasi yang sangat dominan. Dengan adanya warna, Anda dapat menciptakan suasana, mood, hingga dampak. Selain itu dengan warna pula Anda mampu mengekspresikan berbagai aspek pribadi Anda.

Warna juga dapat digunakan untuk menghadirkan kesan rileks dan memberikan stimulus. Bisa juga memberikan keceriaan di area yang suram. Beberapa trik visual juga dapat dihasilkan dari warna seperti mengelabui mata soal ukuran ruang. Karena spektrum warna sendiri sangat luas, maka kemungkinan – kemungkinan warna menjadi tak terbatas.

Variasinya mulai dari cerah sampai yang gelap. Selain itu Anda juga akan mengenal warna – warna yang disebut dengan tint, hue, tone, dan shade. Hue adalah warna murni yang tidak ditambah dengan warna netral. Sementara itu tint adalah hue dari sebuah warna yang ditambah warna putih dengan jumlah yang beragam.

Kemudian shade didapat dengan menambahkan warna hitam pada hue. Mid tone atau yang sering disebut dengan tone diperoleh dari penambahan abu – abu. Warna juga dikelompokkan menjadi dua golongan yakni warna hangat dan dingin. Warna hangat misalnya adalah warna seperti kuning, orange, dan merah. Warna tersebut biasanya digunakan untuk memberikan kesan akrab.

Desain Ruang Keluarga

Sementara itu warna – warna di sisi ungu, hijau, dan biru termasuk kelompok warna dingin. Warna ini biasa digunakan untuk menciptakan kesan yang lebih luas di ruangan. Tetapi menghadirkan warna di ruang keluarga tidak selalu dengan penggunaan cat. Anda juga dapat bermain dengan aksen dan memberikan sesuatu yang berwarna sehingga desain ruang keluarga terlihat lebih menarik.

Dingin

Warna dingin selama ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah ruang terlihat lebih lapang, menciptakan suasana ruang terbuka, dan menyeimbangkan rasa ruang dengan elemen pencahayaan. Warna ini juga dapat menciptakan suasana santai, tenang, dan memberikan latar belakang yang tak terlalu atraktif.

Hangat

Jika dalam desain ruang keluarga kurang mendapat cahaya, salah satu alternatifnya adalah menggunakan skylight. Selain itu, Anda juga dapat mencerahkan ruang dengan warna kuning. Ini adalah salah satu fungsi untuk mengaplikasikan warna hangat di dalam ruang keluarga. Warna ini juga memiliki fungsi lain di antaranya adalah menciptakan suasana akrab dan nyaman, memberikan kesan hangat, membuat ruang yang luas nampak lebih kecil, dan menambah warna di dalam ruangan.

Desain Ruang Keluarga