Ternyata popularitas dari desain modern minimalis tidak membuat popularitas gaya klasik menjadi memudar. Buktinya, gaya tersebut masih memiliki banyak peminat. Tidak dapat dipungkiri bahwa kesan elegan dan mewah yang diciptakan dari gaya desain ini menjadi alasan utama mengapa banyak orang masih berminat untuk mengaplikasikan desain ini di rumah hunian mereka.

Sebenarnya mengaplikasikan desain klasik di dalam interior rumah bukanlah hal yang mudah, bahkan dapat dikatakan cukup sulit. Apalagi jika diterapkan pada rumah modern masa kini di mana rumah tersebut kebanyakan memiliki lahan yang terbatas atau sempit.

Penataan interior yang dilakukan secara berlebihan justru dapat membuat ruangan terasa penuh dan sesak sehingga membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman. Oleh karena itu perlu dipadukan dengan elemen lainnya supaya tampilannya terlihat lebih kekinian dan ringan.

Hal itu juga dapat diterapkan pada ruangan, seperti kamar tidur utama. Perpaduan yang tepat antara material finishing, furniture, dan penempatan aksesoris akan membuat ruangan gaya kolonial klasik terlihat eye catching dan menarik tanpa meninggalkan kesan mewah yang merupakan identitas gaya desain klasik.

Kehadiran four posted bed atau ranjang empat tiang di bagian tengah ruang ditujukan sebagai focal point atau titik fokus mata dan juga sebagai ikon yang menjadi tanda pengaplikasikan gaya desain klasik. Kesan mewah juga terlihat dari detail ukiran di bagian ujung setiap tiang dan bahan fabric suede dengan deep buttoned atau aksen kancing yang melapisi bagian bidang headboard.

Kamar Tidur

Detail yang serupa juga nampak pada desain frame atau bingkai pada cermin dekoratif dan desain meja konsol. Untuk memperkuat tema kolonial, sang desainer menempatkan 2 buah peti kayu yang memiliki warna aksen gold yang senada dengan warna aksen pada furniture.

Peti dengan desain unik tersebut menjadi aksen yang menarik di atas karpet bulu berwarna silver yang dipasang untuk menutup lantai kayu pada kamar tersebut. Salah satu hal yang menarik di kamar ini adalah kolaborasi material finishing yang digunakan.

Kemewahan pada gaya klasik lebih ditekankan melalui warna misalnya warna putih dan coklat. Warna coklat yang dijadikan sebagai palet warna utama dapat memberikan kesan yang hangat di dalam ruangan lewat kehadiran wallpaper dan lantai kayu.

Untuk menetralkan kesan yang massif, sang desainer memanfaatkan kaca cermin untuk material finishing pada side table atau meja di samping tempat tidur. Dengan cara tersebut, kamar tidur akan tetap terasa nyaman dan ringan walaupun didominasi oleh elemen – elemen bergaya mewah dan klasik.

Selain kamar tidur, gaya klasik tentunya juga dapat diterapkan pada ruang lainnya seperti ruang tamu, ruang makan, dan berbagai ruangan lainnya di rumah. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menerapkan desain ini untuk rumah Anda?

Kamar Tidur