Memiliki rumah yang langsung berhadapan dengan jalan raya kadang – kadang membuat penghuni di dalam rumah tersebut merasa kurang nyaman. Pasalnya suara bising kendaraan di luar akan terdengar sampai ke dalam rumah. Belum lagi polusi kendaraan yang lalu lalang di depan rumah juga akan berpengaruh terhadap kualitas udara yang dihirup karena menjadi tercemar dan kurang sehat.

Untuk mengatasi masalah ini, maka Anda perlu mendesain teras sedemikian rupa supaya rumah tetap nyaman. Teras adalah bagian terdepan rumah yang langsung berhadapan dengan jalan. Anda dapat menggunakan bagian ini sebagai ‘tameng’ untuk menghalau kebisingan dan polusi yang menyerang rumah Anda.

Desain teras berikut ini mungkin dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang memiliki rumah hunian di pinggir jalan. Teras tersebut menawarkan suasana yang segar dan sejuk di tengah lingkungan yang bising. Teras rumah milik keluarga Martini ini terlihat berbeda dengan teras pada umumnya. Di sana sama sekali tidak terasa bising. Selain itu udara di teras ini juga terasa sejuk dan segar.

Di depan teras, sang pemilik membuat sebuah kolam air. Kolam tersebut memang tergolong cukup besar untuk diletakkan di teras. Kolamini dibuat dengan ketinggian 60 cm. Di teras tersebut juga dibuat taman yang diisi dengan aneka tanaman hijau. Antara area taman dan kolam, sang pemilik memberikan sekat berupa kaca. Sekat inilah yang berfungsi untuk meredam suara – suara bising dari luar rumah.

Sementara itu taman di depan teras rumah ini ditanami dengan berbagai macam jenis pepohonan berdaun hijau di antaranya adalah tumbuhan pakis – pakisan dan kamboja. Taman tersebut selain mampu mempercantik tampilan depan rumah juga dapat menyerap polusi kendaraan yang lewat di depan rumah. Tanaman hijau mampu mengikat gas karbon dioksida yang dihasilkan oleh asap kendaraan.

Selain itu tanaman tersebut juga dapat menyuplai kebutuhan oksigen di siang hari karena adanya proses fotosintesis. Untuk memberikan kesan yang lebih asri dan hidup, air di kolam tersebut juga dibuat mengalir sehingga menghasilkan suara gemericik. Suara tersebut tentunya juga dapat membantu meredam suara bising dari kendaraan sekaligus menambah kesejukan di area teras.

Ketinggian kolam itulah yang dimanfaatkan oleh sang pemilik rumah untuk menghasikan suara air bergemericik. Hasilnya suasana di teras pun terasa nyaman dan sejuk. Sebagai tempat untuk bersantai di depan rumah, teras tersebut telah dilengkapi dengan meja dan kursi.

Meja dan kursi tersebut menggunakan material stainless steel yang dikombinasikan dengan rotan sehingga memliki tampilan yang terlihat unik. Material tersebut cukup ringan dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca sehingga akan awet meskipun ditempatkan di teras rumah. Kursi tersebut memiliki bentuk yang sederhana dan dipadukan dengan meja berbentuk bundar sehingga terkesan minimalis.

Teras Rumah