Ruang makan merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah rumah. Sesuai dengan namanya ruangan ini digunakan sebagai tempat untuk menyantap makanan. Selain itu, ruangan ini biasanya juga dijadikan sebagai tempat berkumpul untuk keluarga karena saat menikmati makanan di sana, anggota keluarga dapat sekaligus bercengkerama dan membicarakan berbagai topik.

Supaya suasana makan menjadi lebih menyenangkan dan nyaman, maka penting untuk mendesain ruangan ini secantik dan senyaman mungkin seperti memilih cat dinding dengan warna netral yang hangat dan menggugah selera dan menggunakan furniture yang nyaman dan berkualitas. Namun, tetap saja desain ruang yang itu – itu saja atau monoton akan membuat ruangan ini menjadi membosankan.

Apakah Anda bosan dengan suasana ruangan makan yang ada saat ini? Apakah Anda menginginkan suasana makan yang berbeda dari yang lain? Jika ya Anda dapat mencontoh ruang makan yang berada di Tanah Teduh ini. Bangunan rumah hunian yang dirancang oleh arsitek Andra Matin ini terlihat begitu nyaman dan menarik.

Pasalnya desain tersebut mampu menghadirkan suasana alam di dalam rumah hunian. Salah satu yang menarik dari rumah ini terletak pada bagian ruangan makannya. Ruangan tersebut diposisikan dengan view kolam yang dijadikan sebagai aksen di area tersebut.

Ide awal dari desain ruangan makan unik ini bermula saat Anda ingin menghadirkan semacam gazebo di atas kolam air. Namun kolam akhirnya justru dibuat di tepi luar dari ruangan makan. Hasilnya pemilik rumah pun dapat menikmati makanan sambil sesekali memandang ikan yang asyik berenang kesana kemari di kolam.

Tidak hanya sampai di situ saja, ruangan makan dengan view kolam tersebut juga sudah dilengkapi dengan bukaan yang besar. Bukaan tersebut diberi pintu geser. Pintu geser tersebut memiliki ukuran mencapai 200 cm x 250 cm. Kehadiran pintu geser yang menggunakan sistem rel ini membuat ruangan makan tersebut terlihat lebih modern dan menarik.

Selain itu dengan keberadaan bukaan yang besar di area tersebut juga membuat sirkulasi udara dan cahaya alami yang masuk dapat dimaksimalkan. Tentunya kenyamanan di ruangan ini sudah cukup lengkap untuk membuat para penghuni rumah merasa senang dan nyaman saat bersantap di ruangan ini.

Udara yang segar lengkap dengan pemandangan kolam berisi ikan – ikan terasa begitu menenangkan sehingga dapat membuat siapa saja merasa betah di ruangan ini dalam waktu lama. Siapa bilang ruangan makan dengan pemandangan kolam tidak dapat berdampingan? Ini dapat menjadi buktinya.

Jika Anda memiliki ruang makan dengan luas yang terbatas, kolam yang dihadirkan ukurannya dapat diperkecil. Atau jika memungkinkan, ruangan makan dapat dibuat menyambung dengan area taman di samping rumah yang diberi kolam sehingga memungkinkan ruangan makan mendapatkan view outdoor sekaligus membuat ruang terlihat lebih lapang.

Ruang Makan