Mungkin membuat dapur yang terletak dibagian belakang rumah merupakan suatu hal yang sudah biasa. Lalu bagaimana jika Anda akan membuat dapur secara outdoor? Tentunya bukanlah hal mengada-ngada. Saat ini banyak orang yang membuat dapurnya secara outdoor.

Sebenarnya dalam pembuatan dapur Anda harus memperhatikan alur kerjanya yang bertujuan untuk tidak mengganggu kegiatan masak Anda. Namun dalam membuat desain dapur outdoor Anda harus memperhatikan aturan ini.

Mempertimbangkan penempatan

Meskipun letaknya berada diluar ruangan namun desain dapur outdoor ini harus berada dekat dengan ruangan yang menjadi kegiatan Anda bersama keluarga Anda. Tetapi Anda juga harus mengamati secara cermat apakah penempatan dapur secara outdoor ini menghalangi sirkulasi atau pandangan koridor atau tidak. Area memasak harus dijauhi dari lalu lalang para penghuni rumah.

Memikirkan kapan akan digunakan

Karena dapur tersebut akan diletakan diluar ruangan maka Anda harus memberikan pertimbangan mengenai musim didaerah Anda. Jika terjadi musim hujan Anda harus menyediakan pelindung. Namun pelindung tersebut juga tidak hanya Anda gunakan pada saat hujan saja tetapi juga dapat menghalangi sinar matahari yang masuk sehingga Anda dapat lebih nyaman ketika memasak didapur outdoor.

Menganalisa dapur dalam ruangan

Jangan remehkan peraturan yang satu ini karena menganalisa dapur dalam ruangan sangat penting untuk kegiatan Anda selama didapur. Pada peraturan ini Anda akan lebih ditekankan pada bagian penempatan alat serta cara kerja dapur terutama jika Anda mempunyai dapur yang dapat menjadi titk acuannya.

Bahan dan penyelesaian

Pada desain dapur outdoor Anda harus memilih bahan serta finishing benda atau peralatan yang tahan terhadap cuaca maupun api. Mengapa demikian? Sebab jika Anda membuat dapur secara outdoor maka secara otomatis cuaca serta suhu yang ada diluar lebih rentan mengalami perubahan jika dibandingkan dengan suhu yang berada didalam ruangan. Jika Anda tidak mencermatinya dengan baik maka akan menyebabkan kerusakan pada peralatan dapur Anda.

Pencahayaan

Peraturan yang paling penting lainnya adalah mengenai pencahayaan. Walaupun berada diluar ruangan namun pencahayaan juga sangat penting. Tapi sebenarnya pencahayaan itu sendiri tidak terlalu dibutuhkan karena pencahayaan pada siang hari memang mudah Anda dapatkan yaitu berasal dari sinar matahari. Untuk malam hari Anda dapat memanfaatkan pencahayaan yang secara tidak langsung serta ambient pada area hiburan.

Agar tidak memberikan cahaya yang sangat menyilaukan Anda harus menghindari dalam menggunakan lampu sorot. Dengan demikan Anda dapat memasak lebih nyaman didapur outdoor yang Anda miliki baik itu pada siang hari maupun pada malam hari.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membuat dapur secara outdoor? Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan dapur secara outdoor agar tidak memberikan kesan yang tidak biasa. Namun pastinya Anda juga harus memperhatikan 5 aturan diatas.

Desain Dapur Outdoor