Barang bekas yang seringnya diabaikan bahkan dibuang dapat diubah menjadi benda bernilai guna tinggi berkat tangan-tangan kreatif. Seperti ban-ban mobil bekas yang dapat disulap menjadi kursi dengan tampilan yang sangat cantik dan unik. Adalah Claudio Mota, seorang pembuat patung dari Brasil, berhasil mengubah ban-ban mobil  bekas menjadi kursi dengan nilai jual yang tinggi. Ternyata tak hanya kursi saja yang dibuat dari bahan ban bekas, terdapat furniture lainnya seperti meja dan patung binatang juga ia buat dari ban mobil bekas. Nah, mulanya ban mobil bekas dibentuk sesuai dengan jenis furniture yang akan dibuat kemudian dicat agar terlihat baru. Setelah dicat, ban-ban yang sudah dibentuk tersebut lalu dijemur di bawah sinar matahari yang terik.

Agar terlihat lebih menarik lagi, ban mobil bekas yang sudah dibentuk sedemikian rupa kemudian dipadukan dengan warna-warna yang indah. Seperti kursi dari ban bekas di bawah ini. Kursi-kursi ini terlihat sangat menarik tampilannya karena selain diberi sentuhan warna hitam agar terlihat lebih baru. Kemudian di bagian  jok dan penyangga punggung diberi busa agar pengguna dapat duduk dengan nyaman dan bersandar dengan nyaman. Bagian jok diberi aksen warna merah terang. Warna merah terang ini begitu kontras dengan hitam sehingga perpaduan warna keduanya semakin menambah kemewahan kursi dari ban mobil bekas ini. Meja yang terbuat dari ban mobil bekas juga terlihat begitu menarik. Bentuk meja tetap dibuat bulat seperti bentuk asli dari ban mobil bekas sehingga tampak unik dan original.

Untuk membuat satu set furniture seperti satu set meja dan kursi untuk ruang tamu ini memang dibutuhkan skill yang tinggi dan waktu yang tidak sebentar. Ban mobil yang tebal tentu sulit untuk dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan. Tak heran jika furniture yang terbuat dari ban mobil bekas ini diberandol dengan harga yang sangat fantastis. Sayangnya Mota tidak menyebutkan harga per set atau per unit dari furniture ban bekas ciptaannya.

Nah, bagi Anda yang berminat memiliki furniture yang unik seperti ini, Anda tidak harus terbang ke Brasil dan membelinya dari Mota. Di Indonesia sendiri sudah ada cukup banyak perajin kreatif yang menciptakan furniture-furniture dari ban mobil bekas. Bahkan desainnya jauh lebih mennarik dan lebih variatif. Tak hanya dari kelompok furniture saja, para perajin Indonesia juga banyak yang menciptakan kreasi hiasan dari ban-ban mobil, ban sepeda motor, dan ban sepeda.

Atau jika Anda ingin mencoba berkreasi sendiri, tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya. Jadi, jika Anda memiliki ban mobil bekas, jangan buru-buru dibuang atau dijual ke orang lain. Silahkan Anda mencoba berkreasi dengan bahan ban bekas tersebut. Selain memanfaatkan bahan bekas yang ada, ajang coba-coba ini juga bisa dijadikan sarana pelatihan kreatifitas Anda.

ban mobil bekas, furniture, kursi dari ban mobil, interior