Anda ingin dapur sederhana Anda berubah menjadi dapur mewah? Tampaknya Anda harus mengikuti jejak Jill  Goldhand, seorang pemilik dapur yang kini dapurnya berubah menjadi dapur berpenampilan mewah berkat sentuhan tangan terampil dari SoulCycle dan SHoP Architects. Dapur milik Jill awalnya hanya sebuah dapur sederhana, namun Brandon Quattrone, seorang Desain Manager SoulCycle dan seorang arsitek Tyler Jorgenson dari SHoP Architects mengubanya menjadi sebuah dapur yang sangat mewah hanya dengan memberikan sedikit perubahan. Anda tak perlu repot meminta bantuan seorang desainer interior ataupun arsitek, cukup ikut saja beberapa step seperti yang dilakukan oleh Quattrone dan Jorgenson berikut ini.

 Hal pertama yang dikerjakan oleh Quattrone dan Jorgenson adalah menyesuikan bagian lantai dapur yang tidak rata. Lantai dapur milik Jill ini ditutup dengan baja hitam. Sebelum menggunakan lempengan baja hitam sebagai penutup lantai dapur, baja hitam perlu diukur agar memiliki ukuran dan tampilan yang dinginkan. Nah, lapisan baja hitam inilah yang nantinya akan menjadi lantai dapur Anda. Lantai baja hitam ini sangat kuat meski diinjak berkali-kali. Teksturnya pun mulus. Rasanya juga dingin tapi tetap nyaman.

dapur, rumah, properti, desain dapur

Quattrone dan Jorgenson tak hanya memanfaatkan baja hitam untuk lantai dapur. Mereka juga menempatkan lempengan baja hitam sebagai rak dapur yang dipasang di salah satu sisi dinding dapur. Rak baja hitam ini menjadi elemen tambahan pada ruang dapur. Tujuan penempatan rak baja hitam ini pada dinding dapur adalah untuk menambah kapasitas penyimpanan di dapur. Kemudian dilihat dari sisi estetiknya, penggunaan rak baja hitam ini akan membuat dapur tampak serasi terutama pada bagian lantainya. Jorgenson mengatakan bahwa penggunaan bahan/ material yang sama dalam satu ruangan dapat menciptakan ‘bahasa material’ yang indah.

Langkah yang kedua, warna lemari dapur diubah oleh Quattrone. Pada lemari atas, ia memberi lapisan warna yang terang sedang untuk lemari bawah, ia memilih untuk menggunakan warna gelap deep space dari Benjamin Moore. Dua warna ini adalah contoh warna-warna modern dan moody jika dilihat terus menerus. Warna akan semakin kuat jika ruangan dipenuhi oleh cahaya terang. Warna-warna ini cocok sekali berada di antara gelapnya baja hitam dan lemari dapur yang bewarna terang seperti warna putih marmer. Jika dilihat secara keseluruhan, tampialn dapur seolah-olah sangat kontras namun tetap serasi. Pada bagian atas mulai dari pinggang dapur, dapur terlihat terang, bersih, ringan, dan ceria, sedang jika kita melihat ke bagian bawah, warna gelap mendominasi. Teknik kombinasi warna yang kontras ini dinamakan dikotomi visual. Proyek dapur ini juga menonjolkan kesederhanaan. Dapur mewah tidak tercipta karena pola dan warna yang mencolok, melainkan perpaduan warna yang kontras dan serasi serta material elemen dapur yang berkualitas dan berkarakter.  Anda setuju?

dapur, rumah, properti, desain dapur

BACA JUGA:

Trik Atasi Dapur Sempit
Desain Pantry Yang Sederhana Namun Rapi Dan Nyaman