Jika Anda menyukai arsitektur atau jika Anda ingin mengunjungi tempat-tempat baru, Anda mungkin memiliki daftar hal-hal yang ingin Anda lihat dalam hidup Anda. Mungkin ada beberapa bangunan ikonik di sana di suatu tempat juga. Ada banyak tempat menarik di dunia dan banyak bangunan yang layak dilihat dalam kehidupan nyata, masing-masing dengan kisahnya sendiri dan kekhasannya yang unik. Ada begitu banyak dari mereka sehingga kami mengalami kesulitan memilih yang paling menarik sehingga daftar kami terus bertambah lama. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah 10 bangunan paling ikonik di dunia:

The Eiffel Tower – Paris, France

Eiffel tower at night

Ini adalah salah satu landmark yang diketahui semua orang, di mana pun seseorang berasal. Ini adalah salah satu monumen yang paling banyak dikunjungi di dunia, dengan jutaan orang datang untuk melihatnya setiap tahun. Menara ini dinamai Gustave Eiffel, insinyur yang merancang dan membangunnya antara 1887-1889. Ketinggiannya 324 meter setinggi bangunan 80 lantai. Pengunjung memiliki akses ke tiga tingkat, dua di antaranya termasuk restoran. Lantai paling atas menampilkan platform yang terletak 276 meter di atas tanah yang menjadikannya dek observasi tertinggi yang dapat diakses oleh publik di UE.

The Gherkin — London, UK

the-gherkin

Gherkin terletak di distrik keuangan utama London dan merupakan salah satu landmark kota yang paling penting dan paling dikenal berkat desainnya yang tidak biasa. Nama formal pencakar langit komersial ini sebenarnya adalah 30 St. Mary Axe. Bangunan ini telah menjadi penerima beberapa penghargaan yang terkait dengan arsitektur kontemporernya, tetapi juga fakta bahwa ia menggunakan metode hemat energi yang memungkinkannya untuk menggunakan hanya setengah daya yang biasanya dimiliki menara serupa lainnya. Pembangunan Gherkin selesai pada Desember 2003 dan menara dibuka pada April 2004.

Colosseum – Rome, Italy

tour_img-391985-148

Siapa yang belum pernah mendengar tentang Colosseum? Merupakan bangunan ikonis sehingga orang-orang dari seluruh dunia datang untuk melihatnya setiap tahun dan menamainya sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi setiap orang sebelum mereka mati. Colosseum bahkan membuat jalan ke versi Italia dari koin 5 sen euro. Pembangunan struktur kuno ini dimulai pada tahun 72 M di bawah Kaisar Vespasian dan selesai pada tahun 80 M di bawah Titus. Kemudian serangkaian modifikasi dilakukan pada masa pemerintahan Domitianus. Awalnya, amfiteater besar ini digunakan untuk acara-acara publik, kontes gladiator dan kemudian untuk kegiatan-kegiatan seperti berburu binatang, memerankan kembali pertempuran terkenal dan bahkan eksekusi. Saat ini kita hanya dapat melihat bagian dari struktur karena banyak yang telah rusak oleh gempa bumi selama bertahun-tahun tetapi, meskipun demikian, itu tetap menjadi daya tarik dunia ikonik.

The Leaning Tower – Pisa, Italy

tower-537840_960_720

Menara Miring Pisa adalah tengara terkenal lainnya dan daya tarik wisata bagi orang-orang di seluruh dunia. Pembangunannya terjadi dalam tiga tahap selama 199 tahun. Kemiringan dimulai pada abad ke-12 sebagai akibat dari fondasi yang tidak memadai. Tanah terlalu lunak di satu sisi dan tidak bisa menopang berat struktur dengan baik. Kemiringan menjadi lebih menonjol pada periode sebelum penyelesaian menara pada abad ke-14. Setelah itu semakin meningkat sampai strukturnya stabil di akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21. Saat itulah kemiringan juga sebagian diperbaiki.

Burj Khalifa — Dubai, UAE

570dfb6f179a4371b418927ec7a03f41

Burj Khalifa adalah salah satu bangunan paling ikonik di dunia modern, memegang gelar struktur tertinggi di dunia sejak 2008. Awalnya bernama Burj Dubai tetapi namanya kemudian diubah menjadi Burj Khalifa untuk menghormati penguasa Abu Dhabi, Khalifa bin Zayed Al Nahyan. Konstruksi bangunan dimulai pada 2004. Eksterior selesai pada 2009, menampilkan struktur beton bertulang. Pada 2010 peresmian pembangunan multi guna yang ikonik ini berlangsung.

Sydney Opera House — Sydney, Australia

a89c3acd_ff76_28b0_7653_4f9c3e32ea21

Sydney Opera House mungkin adalah bangunan paling ikonik di Australia. Ini dirancang oleh arsitek Jørn Utzon dan dibuka pada Oktober 1973. Struktur ini paling terkenal dengan desain ekspresionis modernnya, menampilkan serangkaian kerang beton pracetak besar yang memberikan tampilan futuristik dan sangat artistik. Secara total, struktur mencakup area seluas 1,8 hektar (4,4 hektar) tanah dan didukung oleh 588 dermaga beton. Ini berfungsi sebagai pusat seni pertunjukan multi-tempat dan menarik lebih dari satu juta pengunjung setiap tahun.

 One World Trade Center — New York City, USA

1WTC_Credit-Michael-Mahesh-PANYNJ-810x531

Nama struktur ini mungkin agak membingungkan, karena itu sama dengan yang dimiliki World Trade Center asli (yang dihancurkan dalam serangan teroris Septermber 11, 2001). One World Trade Center, juga dikenal sebagai Freedom Tower, terletak di Manhattan yang lebih rendah di New York dan merupakan gedung tertinggi ke-6 di dunia. Itu dirancang oleh arsitek David Childs dan ada berbagai kontroversi mengenai beberapa fitur-fiturnya, khususnya pangkalan berbenteng yang beberapa merasa lebih menyarankan rasa takut daripada kebebasan.

St. Basil’s Cathedral — Moscow, Russia

5a2668de15e9f94a6f65c480

Nama resmi Katedral Vasily the Blessed sebenarnya adalah Katedral Perantaraan Theotokos Maha Kudus di Parit. Bangunan ikonik yang tidak memiliki paralel dalam arsitektur Rusia ini terletak di Lapangan Merah di Moskow dan dirancang agar terlihat seperti bingkai yang menjulang ke langit. Itu dibangun antara 1555 dan 1561 dan telah berfungsi sebagai museum sejak 1928 ketika ia disita dari komunitas Ortodoks Rusia sebagai bagian dari proyek ateisme negara.

The Pyramids of Giza — Giza, Egypt

egypt-cairo-pyramids-of-giza-and camels-2

Daftar ini tidak akan lengkap tanpa Piramida Agung Giza, yang terbesar dan tertua dari tiga piramida di kompleks Giza serta yang tertua dari tujuh keajaiban dunia kuno. Itu juga satu-satunya dari mereka yang tetap utuh (sebagian besar). Itu juga dikenal sebagai Piramida Cheops atau Piramida Khufu. Diyakini bahwa bangunan itu dibangun sebagai makam dan bahwa pembangunannya dilakukan selama 10 hingga 20 tahun, diselesaikan sekitar 2560 SM. Awalnya ditutupi oleh batu kapur tetapi hari ini lapisan itu hampir seluruhnya hilang dan kita hanya dapat melihat struktur inti yang mendasarinya.

Potala Palace — Lhasa, Tibet, China

potala-palace-111

Struktur besar ini berfungsi sebagai tempat tinggal Dalai Lama sampai pemberontakan Tibet tahun 1959 ketika Dalai Lama ke-14 melarikan diri ke India. Itu terletak di Lhasa, di Tibet dan saat ini berfungsi sebagai museum. Pembangunannya dimulai pada 1645 di bawah Dalai Lama ke-5. Bangunan ini berukuran 400 meter kali 350 meter dan memiliki dinding batu miring yang tebal. Tembaga dituangkan ke dalam fondasinya untuk menawarkan perlindungan terhadap gempa bumi. Ini memiliki 13 lantai dan lebih dari 1.000 kamar, 10.000 kuil dan sekitar 200.000 patung.

Nah gimana nih guys, kira2 mau kemana dulu dari list yang udah diliat? kalo mimin sih milih Potala Palace,  bagus untuk foto-foto.