Bila Anda ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), maka saat ini mungkin adalah saat terbaik. Terdapat promosi dengan KPR suku bunga rendah di berbagai bank besar. Misalnya, PT. Bank Mandiri Tbk (Mandiri) dan PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) yang menawarkan suku bunga satu digit.

Menurut Hery Gunardi, Direktur Konsumer Bank Mandiri, pihaknya membuat program ini untuk membidik debitur baru. Program ini juga sudah dijalankan untuk mereka yang mengajukan kredit mulai bulan April 2016. Para debitur baru ini akan mendapatkan potongan sebesar 125 basis poin (bps). Debitur akan mendapatkan suku bunga sebesar 8,5 persen fixed untuk 5 tahun dari sebelumnya 9,75 persen.

Hery juga mengungkapkan promo ini tidak hanya berhenti sampai disini. Pihaknya juga berencana untuk menurunkan suku bunga KPR secara umum. Namun, hal ini dilakukan secara bertahap. Untuk nasabah lama, mereka masih dikenai bunga KPR sebelumnya.

Tetapi, nasabah lama juga mendapatkan potongan sebesar 25 bps yang tampak dari tingkat suku bunga dasar kredit (SBDK) untuk KPR. Suku bunga ini menjadi 10,75 persen mulai Maret 2016, lebih kecil dari Februari 2016 yangmencapai 11 persen.

Sedangkan BCA, melalui Direktur Konsumer dan Ritel BCA, Henry Koenaifi, mengungkapkan pihaknya juga berencana untuk melakukan hal yang sama. BCA sendiri menerapkan SBDK KPR sebesar 10,25 persen per Maret 2016 dan mereka belum berencana untuk menurunkannya. Namun, saat ini pihaknya masih membicarakan mengenai kebijakan penurunan suku bunga ini.

Di lain sisi, BCA juga menawarkan suku bunga satu digit untuk program KPR mereka. Debitur dapat memperoleh kredit dengan suku bunga 9,25 persen fixed untuk tiga tahun ditambah 11 persen untuk cap 2 tahun. BCA juga mempunyai program dengan bunga 10% fixed untuk kredit jangka waktu 5 tahun. Sedangkan untuk nasabah eksisting, suku bunga 11,75 persen untuk jangka waktu per bulan juga diterapkan.

Di lain sisi, PT. Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) juga tampaknya akan melakukan hal yang sama. Menurut Imam Nugroho Soeko, Direktur BTN, pihaknya sedang mengamati kondisi realisasi penurunan biaya dana atau Cost of Funds, hingga tengah bulan ini. Hal ini dilakukan karena penurunan suku bunga ini tidak dapat dilakukan bersama dengan keputusan BI untuk menurunkan suku bunga acuan.

Namun, BTN sendiri sudah mulai menurunkan suku bunga KPR mereka sebesar 25 bps pada 1 April 2016 yang lalu. Menurut Imam, berdasarkan informasi dari tim asset liabilities committee (ALCO), kemungkinan akan ada penurunan suku bunga lagi sebesar 15 bps.

Keputusan akan diturunkannya suku bunga KPR dari BTN ini akan diputuskan pada pertengahan Mei. Dengan banyaknya bank, yang akan menurunkan suku bunga KPR mereka, apakah Anda siap untuk mengajukan KPR?

KPR