Keberadaan perumahan syariah saat ini sedang menjadi tren dikalangan masyarakat. Ya, konsep rumah yang menawarkan skema pembayaran tanpa riba, bunga pinjaman dan denda tersebut dianggap bisa jadikan solusi bagi para calon customer yang menginginkan membeli rumah tanpa terlilit bunga bank yang terus membengkak alias floating rate

Arti rumah syariah adalah konsep syariah karena keinginan menerapkan gaya hidup islami. Menjauhi riba, bunga, denda dan semua hal yang bertentangan dengan syar’i, (sesuai kaidah Islam)

Dengan menargetkan pasar dikalangan masyarakat muslim yang memang mendominasi negeri ini, para developer perumahan syariah kini mulai tumbuh subur di berbagai tempat, mereka mendirikan berbagai proyek properti dengan ragam harga yang sangat bervariatif

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui apa itu rumah syariah berikut ini ulasannya :

Skema Pembelian Rumah Syariah

Skema pembelian rumah syariah, ternyata berbeda dengan membeli rumah pada developer konvensional.  Contohnya, pengembang memberikan pilihan sitem pembayaran atau cash bertahap dengan bunga fix (tetap) hingga akhir masa berakhirnya tenor. Hal ini ternyata sangat berbeda jika membeli rumah melalui developer konvensional yang pada umumnya menawarkan bunga mengambang atau floating rate.

Selain itu, bagi calon pembeli yang menginginkan membeli rumah dengan mengajukan KPR, maka developer hanya menerima jenis KPR syariah saja.

Tidak Ada Denda Jika Telat Membayar Cicilan Rumah Syariah

Menariknya, developer tidak memungut denda bayar cicilan rumah syariah bagi setiap pembeli yang menunggak cicilan, berbeda jika Anda membeli rumah melalui developer konvensional atau KPR dari bank konvensional yang memberikan denda telat bayar cicilan sebesar 1% hingga 1,5% dari total cicilan.

Nantinya developer akan memberikan batas waktu bagi pembeli yang menunggak cicilan (tergantung peraturan developer, mulai dari 3-6 bulan). Jika pembeli gagal untuk melunasi cicilan, maka developer tidak akan menyita rumah, mereka akan menyarankan pemilik rumah untuk menjual rumah dan dari hasil menjual rumah tersebut nantinya akan dibayar untuk tunggakan cicilan.

Peraturan Bersosialisasi

Selain mengatur skema pembayaran rumah, bagi Anda yang ingin membeli rumah syariah, maka penghuni rumah juga disarankan untuk menjalankan aturan.

Fasilitas

Kalau ini tergantung dengan developer dari perumahan, seperti di tamandarusallam.com, menyediakan Masjid Jami’ seluas 4000 m, imam hafidz 30 Juz, rumah tahfidz dan tafsin untuk belajar dan menghafal Al-Quran, area olahraga memanah. Beda lagi dengan Tasnim Garden Bogor yang menyediakan area berkuda, camping ground, river tubbing area dan Agrowisata