KPR atau Kredit Pemilikan Rumah yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah melalui kementrian Perumahan Rakyat dan perbankan akhir akhir ini selalu menjadi pilihan utama bagi masyarakat. Pasalnya, KPR memungkinkan bagi siapa saja yang memiliki penghasilan tetap untuk dapat membeli rumah idaman mereka secepat mungkin dengan sistem mencicil. Namun begitu, masih saja ada polemic yang terjadi di masyarakat seputar KPR ini, salah satunya adalah ketidakmampuan sang pencicil untuk melanjutkan cicilan karena berbagai alasan tertentu.

Memang kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Tidak ada yang bisa menjamin keuangan kita akan selalu stabil dan mampu membayar cicilan bulanan yang kita ambil beberapa bulan sebelumnya. Dan jika hal tersebut terjadi pada Anda, maka jangan keburu putus asa atau menghindari tagihan yang datang. Perlu anda ketahui, pihak bank tidak suka dipermainkan. Dan apabila Anda menunjukkan hal-hal tersebut, maka jangan disalahkan apabila pihak bank bertindak tegas terhadap sikap acuh tak acuh Anda.

Sebaliknya, begitu Anda merasa kesulitan untuk membayar cicilan bulanan, langkah terbaik adalah dengan melakukan mediasi dan diskusi dengan pihak bank. Perlu anda ketahui bahwa sama seperti Anda, pihak bank juga ingin agar kredit ini bisa berjalan dengan lancar sesuai ketentuan. Singkatnya, mereka menginginkan uang yang telah mereka investasikan kepada Anda, kembali. Dan dengan Anda terbuka kepada pihak bank, bukan tidak mungkin bank akan mencarikan Anda solusi, entah itu dengan memperpanjang tenor kredit sehingga Anda mendapat cicilan yang sesuai kemampuan, atau lainnya.

 kpr, kredit rumah, properti, rumah dijual,

Pihak bank dengan pengalamannya di bidang perbankan dan financing tentunya sudah memiliki berbagai persiapan untuk menghadapi berbagai scenario yang mungkin terjadi. Jika Anda mendapat kesulitan, maka mereka akan memberikan beberapa pilihan solusi untuk Anda pilih. Selain itu dengan mendekati pihak bank maka kedua belah pihak akan merasa tenang dan sama-sama saling memahami.

Namun jika mediasi dengan pihak bank tetap tidak menemui jalan keluar, jangan dulu putus asa sebab masih ada satu solusi yang bisa Anda upayakan, yaitu dengan menjual rumah tersebut atau oper kredit. Dengan menjual rumah tersebut, Anda akan mendapat uang tunai yang nantinya bisa Anda gunakan untuk melunasi hutang Anda pada bank, sedangkan sisanya bisa Anda gunakan untuk keperluan lain, misal untuk mengontrak rumah lain.

Atau jika Anda tidak mau ribet, Anda bisa menunggu sampai rumah anda disita. Jika Anda memilih solusi ini, sebaiknya Anda merawat rumah Anda dengan baik agar nantinya saat proses lelang Anda mendapat penawaran yang tinggi sehingga bisa menutupi hutang pada bank atau mendapat sisa.

Apapun masalah keuangan Anda, kami berharap agar Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan baik dan tidak sampai kehilangan rumah yang Anda miliki saat ini.

 kpr, kredit rumah, properti, rumah dijual,

BACA JUGA:

Kredit Bangun Rumah? Perhatikan Hal ini!
Trik Agar Penghasilan Tidak Menguap Untuk Cicilan Rumah Semuanya