Saat ini kebutuhan seseorang akan lahan atau tanah yang akan dijadikan bangunan makin meningkat. Namun demikian, terbatasnya area yang tersedia membuat semua orang harus kreatif dalam menciptakan bangunan yang lengkap dengan ruang kebutuhan sesuai keinginan pribadi. Salah satu ide yang bisa dilakukan untuk memfasilitasi penambahan ruang adalah bangunan bawah tanah yang bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal, seperti:

Lapangan basket

Salah satu tempat yang bisa dibangun dalam ruang bawah tanah adalah lapangan basket, dimana untuk pembangunannya mungkin akan menghabiskan biaya yang cukup besar, namun pastinya pemanfaatan tetap dapat dilakukan maksimal.

Ruang penyimpan mainan

Jika Anda ingin memiliki ruang khusus yang digunakan untuk menyimpan mainan, selain gudang Anda bisa membangun ruang khusus di bawah tanah untuk area bermain anak. Hanya saja, untuk membangunnya Anda harus tetap memperhatikan jalan akses ke bangunan utama yang membuat anak nyaman dan terhindar dari rasa bosan.

Ruang penyimpan anggur (wine)

Saat Anda berkunjung ke negara Asia seperti Korea Selatan dan Jepang, Anda pasti pernah melihat rak anggur yang kebanyakan disimpan di bangunan bawah tanah. Pola penyimpanan seperti ini dirasa lebih aman dan membuat anggur yang disimpan memiliki aroma yang lebih pekat.

Perpustakaan

Anda kekurangan lahan untuk menyimpan buku yang digunakan dalam mendidik anak? Jika benar demikian, tak ada salahnya Anda mencoba memanfaatkan ruang bawah tanah untuk membangun perpustakaan. Anda bisa mendesain ruangan dengan rak, buku, dan dinding yang dicat cerah untuk tempat menghabiskan waktu luang saat liburan.

Kolam renang

Salah satu tempat yang bisa dibangun di area bawah tanah dan sudah diterapkan di beberapa negara di Eropa dan Amerika adalah kolam renang. Anda bisa mendesain luas kolam renang sesuai keinginan dan pastikan ada ventilasi yang cukup untuk pertukaran udara agar kolam renang tidak terkesan sangat tertutup dan kotor.

Garasi

Anda kehabisan lahan untuk dijadikan garasi saat membangun rumah? Jika demikian, tak ada salahnya Anda mencoba membangun bangunan bertingkat dengan garasi di lantai basement yang memanfaatkan ruang bawah tanah. Selain menghemat tempat, garasi bawah tanah juga bisa dibuat berfungsi ganda ketika Anda juga menggunakannya sebagai gudang penyimpanan alat.

Bunker

Anda bisa terhindar dari bencana gempa atau bencana lainnya ketika Anda membangun bunker di area bawah tanah, pastinya dengan luas dan pemanfaatan ruang yang dimaksimalkan untuk ruang istirahat sementara.

Kulkas

Ketika Anda seorang koki dan kehabisan tempat untuk menyimpan barang di lemari pendingin, Anda bisa memfungsikan ruang bawah tanah menjadi kulkas atau tempat penyimpanan bahan makanan yang diperhatikan kelembabannya.

Kamar mandi

Saat Anda memiliki bangunan bertingkat yang kebanyakan ruangnya dimanfaatkan sebagai ruang utama atau kamar tidur, maka ruang mandi bisa Anda bangun di area bawah tanah untuk mendapat privasi yang lebih tinggi.

Jalan setapak

Agar bangunan bawah tanah terlihat elegan, salah satu pelengkap yang harus Anda susun pada bangunan Anda adalah jalan setapak yang dihias dengan lampu atau batuan ornamen.

Bangunan Bawah Tanah