Properti tetap menjadi salah satu produk investasi yang cukup menjanjikan. Meskipun nilai tukar Rupiah saat ini berada pada level kritis, namun prospek investasi properti terbilang masih bagus. Dari sekian banyak jenis investasi propertiinvestasi apartemen dapat dibilang yang terbaik.

Ada banyak alasan mengapa apartemen dapat menjadi pilihan utama Anda untuk berinvestasi di bidang properti.

Imbal Balik Menguntungkan

Investasi apartemen memang membutuhkan modal awal yang cukup besar. Akan tetapi, keuntungan yang Anda dapatkan terbilang cukup besar. Bahkan, bila Anda membeli apartemen yang masih dalam proses pembangunan, Anda dapat menjualnya kembali dan mendapatkan keutungan sebesar mulai dari 30 hingga 50 persen. Bila Anda menjualnya setidaknya 3 tahun setelah apartemen tersebut terbangun, terdapat potensi keuntungan sebesar 50 hingga 80 persen.

Anda juga dapat menyewakan apartemen Anda untuk mendapatkan pemasukkan yang stabil. Menurut data dari Colliers International Indonesia, peforma apartemen yang disewakan mencapai 75 persen. Hal ini menggambarkan betapa menguntungkannya memiliki investasi apartemen.

Investasi Apartemen

Resiko Kecil

Meskipun modal yang dibutuhkan besar, namun resiko investasi apartemen terbilang cukup kecil. Hal ini disebabkan oleh tingginya permintaan hunian jenis ini.

Menurut Ferry Salanto, Associate Director Data Colliers International Indonesia, terjadi peningkatan permintaan apartemen untuk tahun ini. Memang, bila dibandingkan dengan permintaan kuartal ketiga 2014 yang mencapai 73 persen, pada tahun ini hanya mencapai 69 persen. Tetapi, pertumbuhan permintaan yang mencapai 4,3 persen membuat peluang investasi apartemen ke depannya sangat menjanjikan. Ditambah lagi harga apartemen juga meningkat, mencapai Rp. 28,9 juta per meter persegi.

Perubahan Gaya Hidup

Semakin terbatasnya lahan yang tersedia membuat sebagian besar masyarakat Indonesia memilih apartemen sebagai bagian gaya hidup mereka. Harga lahan yang semakin mahal membuat mereka lebih senang menyewa atau membeli apartemen yang lebih murah.

Untuk apartemen yang berada di lokasi strategis, seperti dekat perkantoran atau instansi pendidikan, tingkat okupansinya cukup tinggi. Anda dapat menggunakan kondisi ini untuk menyewakan apartemen Anda sebagai tempat hunian penduduk di daerah tersebut.

Kondisi ini juga dapat menjadi gambaran bagaimana tren hunian ke depannya. Kemungkinan besar, dalam beberapa tahun ke depan, apartemen akan menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Hal ini tampak terlihat dari perkembangan apartemen di beberapa kota besar dimana harga lahan yang semakin mahal. Dengan semakin dibutuhkannya apartemen ini, maka investasi hunian jenis ini tentunya akan memberikan Anda keuntungan lebih besar untuk masa mendatang.

Meskipun investasi apartemen sangat menguntungkan, Anda juga harus memperhitungkan semuanya. Dengan perhitungan yang tepat, maka produk properti ini tidak akan memberikan Anda masalah finansial baru, melainkan keuntungan investasi yang Anda inginkan.

Investasi Apartemen