Suka cita dan kebahagiaan dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri akan semakin terasa bila seluruh anggota keluarga ikut merayakannya dan berkumpul bersama – sama. Biasanya acara silaturahmi keluarga akan diselenggarakan di salah satu anggota keluarga. Jika Anda ditunjuk sebagai tuan rumah, tentu ada Anda tidak bisa tinggal diam dan bersantai saja.

Sebagai tuan rumah, Anda wajib memastikan bahwa rumah Anda sudah siap untuk menyambut kehadiran sanak saudara saat hari raya nanti. Berbagai cara dapat Anda lakukan mulai dari membersihkan rumah hingga menata ulang perabotan di dalam rumah.

Tenaga profesional yang biasa bertugas membersihkan pusat perbelanjaan, hotel, dan fasilitas – fasilitas umum lainnya memiliki cara yang efektif saat menjalankan pekerjaannya. Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman Organizedhome.com, cara – cara yang dilakukan oleh tenaga profesional tersebut ternyata lebih esifen dan jauh lebih cepat sehingga dapat menghemat waktu Anda dalam kegiatan bersih – bersih. Penasaran ingin tahu apa saja cara tersebut? Berikut ini beberapa tips efektif dari para profesional yang dapat Anda coba di rumah saat menyiapkan rumah untuk hari raya Lebaran nanti.

Jadwal Kegiatan Bersih – Bersih

Cara yang pertama, para tenaga kebersihan profesional selalu mempunyai jadwal untuk tiap kegiatan bersih – bersih yang dilakukan. Anda dapat mencoba meniru cara ini di rumah. Cobalah memulainya dengan menghitung waktu secara mundur sampai hari raya tiba. Selanjutnya, Anda dapat menyusun jadwal yang pas.

Biasanya, banyak yang bertekad untuk membersihkan seisi rumah dalam waktu satu hari penuh. Namun, menumpuk semua pekerjaan dan akan melakukannya di satu hari yang sama sebenarnya tidaklah perlu. Sebaliknya, Anda sebaiknya mencicil proses bersih – bersih rumah sehingga kegiatan ini tidak akan terasa berat dan melelahkan.

Mengenakan Pakaian yang Nyaman

Selain menyusun jadwal, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengenakan pakaian yang nyaman dan gampang dibersihkan saat sedang membersihkan rumah. Tidak hanya itu, Anda sebaiknya juga menyediakan beberapa alat pendukung untuk membantu proses membersihkan seperti memakai kacamata dan sarung tangan untuk melindungi tubuh dari bahan kimia yang berbahaya dan dapat mengganggu kesehatan.

Letakkan Alat dan Bahan Dalam Satu Wadah

Cara yang ketiga, kumpulkan semua bahan dan alat – alat untuk kebersihan di dalam satu tempat atau wadah. Wadah ini dapat berupa tas atau keranjang. Jadi, Anda tinggal mengambil dan membawa wadah tersebut setiap kali Anda hendak membersihkan rumah.

Biasanya, para pekerja profesional menggunakan bahan pembersih ringan yang berupa pembersih untuk segala permukaan atau multi surface cleaner, pembersih bubuk, pembersih keramik, dan pembersih yang ampuh untuk membersihkan minyak. Semua bahan pembersih ini dapat Anda simpan di dalam satu wadah yang mudah diakses dan diambil saat sewaktu – waktu diperlukan.

tips membersihkan rumah, rumah, bersih-bersih rumah, rumah bersih