Rancangan lantai terbuka bisa menjadi tempat hiburan terbaik untuk anak-anak dan keluarga di ruang utama di rumah Anda. Dengan rancangan lantai terbuka, pemilik rumah harus cerdas dan berpikir bagaimana cara memanfaatkan ruangan agar tak terganggu dengan suara dan kegaduhan di sekitarnya. Hal ini tentu saja berkaitan bagaimana cara mengurangi kebisingan dan suara yang ada disekitar ruangan dengan menggunakan komponen audiovisual. Inilah beberapa cara lain untuk menciptakan ketenangan dengan rancangan lantai terbuka.

Melihat Bentuk Ruangan di Rumah Anda

Cara pertama untuk menciptakan ketenangan di rumah dengan lantai terbuka adalah dengan melihat bentuk ruangan. Bentuk ruangan adalah salah satu hal terpenting untuk merancang desain lantai terbuka di rumah terutama di sebuah kamar. Penambahan permukaan keras seperti beton, batu, dan logam sepertinya bukan cara tepat karena bisa membuat suara semakin keras. Untuk mengontrol kebisingan, Anda bisa menurunkan langit-langit ruangan Anda agar suara bisa diserap. Ruang untuk tempat televisi juga bisa dibungkus dengan kayu untuk meredam suaranya. Menciptakan pintu lebar juga membantu untuk mengurangi kebisingan antar ruangan dengan konsep lantai terbuka.

Mempertimbangkan Dinding, Langit-Langit, dan Lantai

Untuk meredam kebisingan di ruangan dengan lantai terbuka, Anda bisa mempertimbangkan dinding, langit-langit, dan lantainya. Dinding dengan rak buku bisa berfungsi sebagai penyerap suara karena koleksi buku-buku ternyata mampu meredam suara yang ada di ruangan rumah. Sangat penting untuk mengkreasikan langit-langit di ruangan untuk menciptakan ketenangan dengan rancangan lantai terbuka ini. Anda bisa menambah kantong-kantong suara dan gabus di langit-langit. Memasang karpet di dinding dan lantai juga bisa sebagai cara meredam suara di lantai terbuka.

Meredam Suara dengan Fabric

Lantai terbuka ternyata kurang bisa meredam suara sehingga terdengar lebih berisik. Untuk mengatasinya, Anda bisa meredam suara dengan fabric. Anda bisa menempatkan berbagai jenis perabotan, karpet, dan gorden di dalamnya agar lebih tenang. Benda-benda itu juga bisa mengelola kebisingan. Pergunakanlah gorden dan karpet dengan permukaan lembut untuk mengatur kebisingan suara yang ada di dalam ruangan dengan lantai terbuka. Kain flannel juga bisa mengurangi tingkat kebisingan suara di ruangan.

Menjauhkan Pilihan antara Konsep Terbuka atau Tertutup

Pilihan lain untuk menciptakan ketenangan di dalam ruangan dengan lantai terbuka adalah dengan menghindari dua pilihan konsep terbuka atau tertutup. Anda bisa mempertimbangkan pemasangan pintu dan gorden dengan mengepung area ruangan dengan lantai terbuka. Anda bisa menggabungkan dua konsep, terbuka dan tertutup untuk mengurangi kebisingan suara. Apabila Anda menginginkan suasana terbuka, Anda bisa membuka pintu yang terpasang. Begitu pula sebaliknya, suasana lebih terbuka bisa dilakukan dengan membuka pintu di ruangan. Itulah tadi beberapa cara untuk menciptakan keteduhan dan ketenangan dengan rancangan lantai terbuka.

interior