Musim panas merupakan saat yang ideal untuk berlibur bersama dengan keluarga seperti pergi ke pantai atau pegunungan. Di sana, Anda dapat merasakan suasana sejuk yang mungkin selama ini tidak diperoleh ketika musim panas tiba.

Namun tunggu dulu. Perlu diketahui bahwa musim kemarau atau musim panas biasanya selalu dihubung – hubungkan dengan kemunculan berbagai macam penyakit seperti malaria dan demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk. Walaupun demikian, tidak berarti Anda tidak dapat menikmati libur musim panas.

Pemakaian kelambu dapat menjadi solusi yang mudah untuk mengatasi nyamuk berbahaya. Kelambu sejak dulu memang telah dikenal sebagai elemen yang efektif untuk menghalau nyamuk. Kain berwarna putih panjang dengan rongga-rongga rapat tersebut biasanya digantungkan pada plafon untuk menutup semua sisi tempat tidur.

Sebenarnya kelambu sendiri terdiri dari beberapa jenis meliputi wedge and ridge, self supporting mosquito net, dan juga box. Supaya Anda tidak salah memilih, yuk pahami tiap – tiap jenis kelambu serta kekurangan dan kelebihannya.

Self Supporting Mosquito Nets

Kelambu dengan jenis ini hadir dengan bentuk lekukan. Biasanya kelambu tersebut dijumpai pada tenda dan menggunakan kawat yang fleksibel sehingga dapat membuatnya melengkung. Keunggulan dari kelambu ini adalah bisa dilepas dan dipasang dengan cepat. Lapisan bagian bawahnya dijahit dengan rapi sehingga dapat memberikan perlindungan dari kalajengking, ular kecil, dan serangga terbang.

Kekurangannya, kelambu ini memiliki bentuk yang lengkung sehingga sulit ketika hendak disimpan di dalam ransel. Walaupun bebas dari hewan melata, kelambu dengan jenis ini relatif mempunyai volume lubang yang kecil sehingga sirkulasi udaranya kurang optimal. Karena sirkulasi udara tidak optimal, kelambu ini memberikan hawa yang lebih panas.

Jenis Kelambu

Wedge and Ridge Mosquito Nets

Jenis kelambu ini seperti potongan kue. Bagian atas jatuh ke bawah seperti lereng dan mengelilingi seluruh ranjang sehingga seperti tidak mengijinkan Anda beranjak dari ranjang. Keunggulan dari kelambu jenis ini adalah simpel dan tidak mahal. Bila Anda hendak berkemah dan berpindah dari suatu tempat ke tempat lain, kelambu dengan jenis ini sangat ideal untuk dipilih.

Pasalnya materialnya ringan dan mudah dibawa. Namun Jenis kelambu ini juga memiliki kekurangan yakni sirkulasi udaranya kurang optimal sehingga dapat menimbulkan rasa pengap di dalam kelambu tersebut.

Bell Mosquito Nets

Dinamai dengan kelambu lonceng karena bentuknya memang mirip lonceng tinggi dan mengelilingi tempat tidur. Keunggulan kelambu ini adalah bentuknya yang menyerupai lonceng membuatnya mempunyai volume yang besar dan menciptakan ruangan yang sejuk dan dingin di tempat tidur. Penampilannya yang atraktif dapat dijadikan sebagai fitur dekorasi untuk interior di kamar tidur.

Sementara itu kekurangan dari kelambu ini adalah menggunakan banyak kain sehingga cenderung berat saat dibawa. Tidak hanya itu, kelambu ini juga membutuhkan titik gantung yang kuat dan tinggi supaya tidak roboh.

Box Mosquito Nets

Bentuknya seperti persegi empat dan digantungkan di 4 penjuru. Kelambu tersebut bisa bergantung karena dilengkapi dengan kerangka khusus yang dipasang di atas ranjang. Keunggulannya, kelambu ini mempunyai volume yang luas sehingga memungkinkan sirkulasi udara lebih banyak. Kekurangannya, kelambu ini sulit dipasang sendiri dan menggunakan material yang berat.

Jenis Kelambu