Keindahan dari sebuah bangunan tak hanya dapat dilihat dan bentuk dan strukturnya saja. Permainan warna juga akan turut menentukan bagus atau tidaknya rumah hunian. Sebagai contoh fasad rumah yang berwarna putih. Fasad dapat dikatakan sebagai wajah dari sebuah hunian. Dari situlah orang pertama kali akan menilai sebuah rumah.

Bagaimana tidak? Coba Anda bayangkan jika ada rumah yang fasadnya berwarna kusam dan permukaannya dibiarkan ditumbuhi lumut, tentu rumah tersebut akan terlihat kotor dan kurang nyaman untuk dilihat.

Bagi sebagian orang mempunyai fasad berwarna putih mungkin terdengar monoton atau cenderung kurang menarik. Warna putih yang netral mempunyai kelebihan sebagai warna dasar yang pas dan dapat dipadupadankan dengan warna lainnya. Jadi sebaiknya mulai sekarang pemikiran tentang warna putih membosankan sebaiknya dihilangkan.

Apalagi fasad berwarna putih juga dapat terlihat menarik jika diaplikasikan dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti supaya fasad putih terlihat lebih menarik.

Tekstur dan Bentuk

Samarkan warna dengan tekstur dan bentuk. Kondisi fasad rumah yang serba putih mungkin terlihat monoton. Namun dengan menghadirkan pemainan bidang, tekstur dan bentuk, cahaya  dapat memberi irama yang terlihat menarik untuk fasad putih.

Memadukan Dengan Warna Netral

Padukan warna putih dengan warna lainnya yang bersifat netral. Warna netral seperti beige, cokelat, olive, abu-abu, dan lainnya akan membuat warna putih terkesan lebih hangat. Perpaduan dengan warna netral akan memberikan kesan yang kuat pada warna kombinasinya walaupun tidak mendominasi sehingga fasad warna putih akan terlihat lebih semarak.

Aksesoris dan Elemen Lain

Gunakan aksesoris atau elemen fasad lainnya dalam motif dan warna yang menarik sesuai dengan selera Anda. Warna dan motif yang menonjol dari warna putih yang menjadi latarnya akan terlihat menarik. Aksesoris dan elemen fasad yang lebih menonjol dapat dijadikan sebagai pusat perhatian.

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah pola motif dan porsi warna yang sesuai dengan skala rumah. Jangan sampai terlihat terlalu mencolok dan membuat warna putih terkesan hanya sebagai elemen pelengkap.

Perawatan

Walaupun fasad warna putih sudah dibuat semenarik mungkin, perawatan dan penjagaan tetap wajib untuk diperhatikan. Anda bisa memilih finishing yang dapat dibersihkan dengan mudah dan dapat dicuci.Yang dimaksud di sini, cat untuk fasad bisa dibersihkan dengan air seperti sedang dicuci.

Selain itu Anda juga sebaiknya menggunakan cat eksterior yang dapat bertahan dari berbagai kondisi cuaca dan bersifat waterproof atau tahan air. Jadi fasad rumah yang berwarna putih pun akan terlihat mengkilap.

Demikian beberapa tips yang dapat digunakan untuk membuat fasad putih terlihat menarik. Dengan penanganan dan perawatan yang tepat, fasad tersebut tidak akan kalah menarik dengan fasad yang menggunakan warna lain. Fasad berwarna putih dapat diaplikasikan untuk berbagai desain rumah mulai dari minimalis hingga rumah bergaya klasik.

Fasad Rumah