Apakah Anda memiliki lantai parket di rumah sebagai pilihan lantai Anda? Jangan panik atau heboh sendiri apabila lantai parket rusak. Anda bisa menggantinya dengan cara mudah agar tidak mengurangi keindahan interior dan desain lantai parket Anda. Lantai merupakan bagian penting dari rumah sehingga pemilihan material dan jenis lantai yang tepat menentukan kenyamanan dan keindahan lantai tersebut. L

Apakah Anda tahu yang dimaksud dengan lantai parket? Lantai ini terbuat dari olahan kayu yaitu dengan sistem lem-paku dan pemberian perekat agar lantai parket terikat kuat dan solid. Tetapi, terkadang lantai parket bisa mengalami penyusutan dan pemuaian sehingga membuatnya cepat rusak. Lantai ini memiliki warna, corak dan warna berbeda sehingga bisa dipilih berdasarkan kebutuhannya. Kerusakan lantai parket kayu ini biasanya terjadi karena gesekan, air, pergerakan tanah, kesalahan pemasangan, dan peningkatan suhu. Untuk mengantinya, perhatikan beberapa tips dibawah ini.

Melepaskan Lantai Parket yang Sudah Rusak

Ada beberapa cara untuk mengatasi lantai parket rusak dan menggantinya dengan yang baru. Pastikan bahwa Anda akan mengaplikasikan langkah-langkah terpercaya dibawah ini agar memudahkan dalam pergantian lantai parket tersebut. Langkah pertama adalah melepaskan lantai parket yang sudah rusak tersebut. Sebaiknya Anda mengebor area sekeliling lantai parket rusak tersebut. Ambillah palu dan catut untuk mencongkel lantai parket tersebut. Anda harus berhati-hati untuk melakukannya. Jangan sampai merusak kayu di sekitar lantai tersebut.

Setelah mencongkel dan melepaskan lantai parket tersebut, disarankan untuk mengerok adhesive atau lem dibawah lantai parket yang telah rusak tersebut. Ketika Anda sudah melepaskan lantai parket, pasti Anda akan menemukan sisa-sisa lem lantai parket yang masih menempel dibawahnya. Hilangkan lem tersebut dengan alat khusus pengerok lem.

Gantilah dengan Lantai Parket yang Sama

Setelah itu, belilah lantai parket pengganti untuk lantai lama Anda. Sebaiknya saat membeli lantai parket Anda melihat kemasannya dan membaca keterangan dan informasi tentang keseragaman lantai parket yang dibeli. Apabila kemasan lantai parket lama masih ada, akan sangat mudah mencari penggantinya. Anda tinggal menunjukkan kemasan tersebut dan bisa memperoleh gantinya dengan sekejap. Tapi, sepertinya ini sedikit mustahil. Jika Anda tak menyimpannya, langkah terbaik untuk mencari penggantinya adalah mencatat ukuran lantai parket dan bawalah bagian lantai parket yang rusak tersebut.

Membiarkan Lantai Parket Baru Terlebih Dahulu

Setelah Anda membeli lantai parket baru, ada baiknya untuk membiarkan parket baru di dalam ruangan minimal 1×24 jam. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan suhu dan kelembaban ruangan dengan lantai parket tersebut. Seperti sudah diketahui bahwa lantai parket tersebut tak akan memuai ataupun menyusut secara ekstrem sehingga tak akan menjadi masalah dalam pemasangan.

Memasang Lantai Parket Baru

Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan lem. Setelah Anda memastikan sisa-sisa lem hilang, Anda bisa menempelkan lem adhesive di dasar lantai. Lalu, pasanglah lantai parket baru tersebut setelah beberapa saat pengaplikasian lem. Pasanglah lantai parket baru secara hati-hati. Kemudian, selesaikan pemasangan lantai parket dengan pengolesan minyak kayu atau pernish. Itulah tadi cara penggantian lantai parket rusak.

Lantai Parket Rusak