Memilih carport memang tak boleh dilakukan secara asal – asalan. Kadang banyak orang yang memilih carport tidak sesuai dengan kondisi rumah. Untuk menghindari hal ini, pemilihan carport perlu dilakukan dengan benar. Karena lokasinya yang ada di depan rumah, carport secara tidak langsung telah ikut menjadi bagian dari fasad rumah yang turut menunjang nilai estetika eksterior pada sebuah rumah hunian.

Bentuk sebuah carport pada dasarnya dibuat terbuka dan memiliki kanopi atau penutup. Desain carport ini biasanya terdiri dari beberapa bagian meliputi dinding, lantai, penutup atap, dan struktur penahan atap. Khusus untuk bagian penutup atap, tak hanya digunakan sebagai pelindung untuk kendaraan saja tetapi juga dapat membuat penampilan carport terlihat lebih menarik.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya merancang atap sesuai dengan konsep rumah hunian Anda supaya desainya terlihat matching atau harmonis. Saat ini ada berbagai macam jenis atap carport di antaranya adalah atap polikarbonat, atap baja ringan, genting, atau dak beton. Sebelum Anda mulai memilih jenis atap apa yang sesuai dengan carport untuk rumah hunian, sebaiknya Anda menyimak lebih dulu beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada saat memilih carport.

Atap Transparan

Jika area garasi atau carport Anda ingin mendapat penerangan dari cahaya matahari, maka Anda dapat memilih jenis penutup atap transparan. Bahan atap yang mampu menembus cahaya matahari tersebut seperti polikarbonat, akrilik, atau kaca. Tetapi jenis atap seperti ini bila kotor akan lebih mudah kelihatan. Oleh sebab itu, Anda harus rajin – rajin menjaga kebersihan bagian atas atap carport Anda supaya penampilan rumah tetap terlihat menarik.

Atap Carport

Penutup Atap Solid

Bila daerah rumah hunian Anda mempunyai cuaca yang cukup panas, Anda dapat memilih penutup atap jenis solid seperti beton dan genting. Pemilihan jenis atap seperti ini dapat membantu menghindarkan cuaca yang panas di dalam area carport.

Memperhatikan Kemiringan Penutup Atap

Mengingat atap merupakan bagian yang biasa ditempati curah hujan, maka Anda pun perlu memastikan supaya air tidak tersumbat atau berhenti karena kemiringan atap yang kurang sesuai. Bila hal ini terus terjadi, maka berpotensi menyebabkan terjadinya kebocoran dan juga dapat merusak mobil kesayangan Anda.

Carport Dengan Kesan Modern

Bila Anda menginginkan kesan yang modern pada atap carport di rumah Anda, maka tak ada salahnya jika memilih bahan atap kaca, akrilik, dan polikarbonat. Bahan ini akan memberikan kesan modern sehingga penampilan bagian depan rumah Anda akan terlihat lebih bagus.

Demikian beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih jenis material yang tepat untuk carport Anda. Bahan – bahan tersebut tentunya dapat Anda pertimbangkan dan memilih salah satu yang paling sesuai dengan desain rumah Anda.

Anda pun dapat memilih atap carport untuk berbagai hunian impian anda dengan berbagai pilihan rumah di www.popeti.com dan masukkan listing secara gratis di sini.

Atap Carport