Rumah yang bersih tak hanya nyaman untuk ditinggali, melainkan juga sedap dipandang. Dan yang paling penting adalah rumah yang bersih akan sangat membantu kita terhindar dari kuman dan bibit-bibit penyakit lainnya. Namun seringnya kebanyakan orang merasa malas untuk bersih-bersih karena dianggap menyita waktu lama dan membuat tubuh lelah. Nah, agar tak terlalu lelah, persingkat kegiatan bersih-bersih Anda dengan rutin membersihkan beberapa area rumah berikut. Lagipula beberapa area ini hanya memerlukan beberapa menit saja untuk dibersihkan. Penasaran kira-kira area mana saja yang dimaksud? Berikut informasinya.

Area Pintu Masuk

Area pintu masuk merupakan spot yang paling rawan akan kuman dan sejenisnya. Jika area rumah ini dalam kondisi, siapapun yang masuk ke dalam rumah Anda akan merasa nyaman dan rileks. Durasi membersihkannya sangat singkat; cukup 2 menit saja. Tata benda-benda yang terlihat berantakan di area ini seperti tas, sepatu, kunci, tumpukan surat, dll dan letakkan benda-benda ini di tempatnya. Mudah dan cepat, bukan?

Handuk Cuci Piring

Biasanya handuk cuci piring tak hanya digunakan untuk mengeringkan peralatan makan dan peralatan masak yang telah dicuci saja, melainkan juga untuk mengeringkan tangan usai mencuci piring. Tentu saja ini tidak boleh dilakukan. Handuk ini pastinya tidak higienis karena ada banyak bakteri dan kuman yang menempel di handuk tersebut. Pastikan Anda ganti handuk cuci piring dan handuk dapur setiap hari. Dan, cuci handuk yang kotor dengan deterjen. Bila perlu rendam handuk dengan air panas agar kuman dan bakteri mati.

Spon

Spon cuci piring adalah salah satu sarang kuman dan bakteri. Sekitar 99 persen bakteri, jamur, dan kuman hidup di spon. Sebelum digunakan, ada baiknya panaskan spon yang sebelumnya telah dikeringkan dengan cara dimasukan ke microwave selama 1 menit, atau rebus spon selama 5 menit.

Meja Dapur

Dapur merupakan salah satu area rumah yang rawan akan kuman dan bakteri. Furniture-furniture di dalamnya juga rawan akan kuman dan bakteri, termasuk meja dapur. Meja dapur memang mudah kotor. Untuk membersihkannya, Anda bisa gunakan cairan anti bakteri lalu dilap dengan menggunakan lap bersih. Lakukan pembersihan ini sebelum dan sesudah meja dapur digunakan. Soal lap, pastikan juga lap Anda gunakan tadi dijemur agar kering dan tidak menjadi tempat bersarangnya kuman, bakteri, dan jamur penyebab penyakit.

Remote TV

Remote TV juga menjadi benda berikutnya yang paling banyak mengandung kuman dan bakteri. Agar tetap steril, lap remote TV Anda malam dan pagi hari. Lap kembali sebelum Anda menyentuhnya. Selain remote TV, ponsel Anda juga wajib Anda bersihkan setiap hari dengan menggunakan tisu basah anti kuman.

Bagian Bawah Tas

Mengapa bagian bawah tas selalu kotor? Karena ketika tas diletakan, bagian bawah tas adalah bagian yang paling sering terkena kontak dengan area-area yang berpotensi mengandung kuman atau bakteri seperti meja wastafel, meja restoran, lantai restoran, lantai toilet, meja kasir, meja kantor, meja makan, dan masih banyak lainnya. Agar selalu dalam kondisi bersih, rutin bersihkan bagian bawah tas Anda dengan menggunakan tisu basah.

Area Rumah