Bagi Anda yang bekerja di bidang seni, pembuatan furniture atau konstruksi tentu sangat memerlukan home workshop untuk menunjang profesi Anda. Perlengkapan memahat, batu, dan kayu merupakan benda – benda yang wajib ada dalam workshop. Sayangnya, karena lebih fokus pada penyediaan perlengkapan dan peralatan kerja, faktor kenyamanan dan keamanan di dalam workshop sering kali terlupkan. Selain itu peralatan kerja kadang diletakkan secara tidak tidak teratur.

Menciptakan desain home workshop yang nyaman dan aman adalah yang penting. Untuk mewujudkan hal ini ada beberapa langkah yang dapat dilakukan.

Menentukan Lokasi Home Workshop

Home Workshop adalah konsep workshop yang jadi satu dengan rumah. Ini berarti workshop ikut menjadi bagian dari rumah. Anda dapat membangun area khusus atau memanfaatkan ruang yang sudah ada untuk dijadikan sebagai workshop.

Misalnya, gudang atau garasi yang tidak terpakai bisa dimanfaatkan menjadi workshop dengan sedikit dekorasi. Tetapi pastikan bahwa lokasi workshop tidak terlalu dekat dengan inti rumah. Buatlah pemisah atau pintu khusus untuk memisahkan rumah dengan workshop. Cara ini akan membuat aktivitas di rumah tidak akan terganggu dengan kegiatan di workshop.

Anda juga bisa menggunakan basement sebagai workshop. Buat jalan khusus dari basement ke luar supaya para pekerja yang ingin ke basement tidak perlu masuk rumah Anda terlebih dulu. Namun, workshop di basement memerlukan pencahayaan dan ventilasi udara yang lebih banyak.

Membuat Ijin ke Dinas

Home workshop yang mempekerjakan beberapa karyawan atau yang jumlahnya cukup banyak umumnya memerlukan ijin dinas setempat. Ijin tersebut untuk menghindari sengketa hukum pada masa yang akan datang.

desain workshop, workshop, home workshop, properti, interior

Benda dan Furniture di Workshop

Karena akan digunakan sebagai tempat kerja, benda dan furniture yang masuk dalam desain home workshop sebaiknya dibuat seefisien mungkin. Meja panjang dan bangku panjang merupakan furniture yang wajib disiapkan untuk mendukung proses kerja. Tempatkan rak – rak untuk penyimpanan alat – alat kerja.

Jangan lupa juga untuk meletakkan lemari kaca. Lemari tersebut berfungsi untuk mendisplay benda atau hasil karya yang telah diproduksi. Pajangan tersebut juga akan memudahkan Anda bila ada customer yang ingin berkunjung ke workshop Anda dan mengetahui hasil produksi Anda.

Sekat di Setiap Tahap Produksi

Agar proses kerja lebih efektif dan efisien, pastikan setiap tahap produksi ditempatkan di area khusus. Area ini dapat dibuat dengan menempatkan sekat – sekat di workshop. Dengan demikian proses produksi di home workshop jadi lebih fokus di setiap tahapan.

Cahaya, Listrik, dan Sirkulasi Udara

Berikan akses cahaya yang baik, sistem kelistrikan yang aman, dan sirkulasi udara yang memadai. Jika area workshop panas dan pengap, Anda dapat menambah sistem pendingin. Desain home workshop ini sangat penting untuk menciptakan ruang yang nyaman bagi para pekerja.

Sistem Keamanan

Di workshop banyak hal tidak terduga maupun kecelakaan kerja mungkin terjadi. Oleh sebab itu Anda wajib menyediakan sistem keamanan yang memadai seperti memberikan pelindung khusus dan kotak P3K lengkap dengan obat – obatan.

Selain itu sediakan pula tabung pemandang kebakaran di area yang mudah diakses. Alarm juga penting untuk dipasang supaya para pekerja dapat membunyikannya jika terjadi sesuatu. Untuk meningkatkan keamanan, tambahkan kamera CCTV. Selain dapat digunakan untuk memantau proses produksi, kamera ini juga dapat menjadi pengaman.

Sumber:http://architectaria.com/semua-hal-yang-mesti-anda-tahu-tentang-desain-home-workshop.html

desain workshop, workshop, home workshop, properti, interior

BACA JUGA:

4 Tips Mendekorasi Halaman Tanpa Tanaman

10 Tips Dekorasi Ruangan yang Wajib Anda Coba