Tanpa disadari ketika Anda merasa stress, lelah, atau suasana hati yang kurang nyaman, hal ini mungkin disebabkan karena pencahayaan rumah yang kurang. Menurut fakta, manusia dapat merespon, bertindak lebih baik, dan memiliki perasaan yang lebih nyaman  di rumah yang mempunyai banyak cahaya alami maupun cahaya yang terinspirasi dari dekorasi.

Bila kamar gelap, tentu ada trik untuk membuatnya agar lebih bercahaya. Anda dapat mengoptimalkan cahaya alami atau menggunakan lampu dekorasi untuk membantu memberikan cahaya tambahan di ruangan tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memudahkan Anda membuat interior rumah lebih terang.

Menentukan Daerah Gelap

Sebelum memulai pekerjaan ini, maka pertama – tama Anda harus mencatat bagian rumah mana saja yang terasa gelap apakah itu kamar tidur, lorong, dapur atau bagian lainnya. Cermati mengapa bagian tersebut nampak gelap misalnya apakah karena cat yang berwarna gelap atau tidak ada cahaya alami yang masuk.

Memilih Warna Terang

Jika Anda ingin membuat ruangan menjadi terasa lebih terang sekaligus terasa hangat, maka gunakan warna – warna hangat dan netral seperti abu – abu jamur, warna karat, dan coklat esspresso. Paduan warna coklat dan putih juga terlihat cantik jika diaplikasikan di dekat lantai kayu, meubel kayu, atau pintu kayu berwarna gelap.

Membuka Langit – Langit Gelap

Langit – langit berwarna gelap saat ini sudah sangat umum diterapkan pada rumah hunian. Langit – langit berwarna gelap memang terkesan dramatis, namun juga membuat ruangan lebih gelap. Untuk menyiasati hal ini, Anda dapat menggunakan can light atau pencahayaan yang tersembunyi. Can lights dapat memberikan pencahayaan tambahan tanpa membuatnya menonjol atau terlihat langsung oleh mata.

interior rumah, properti, interior, living room, house

Pendant Lighting

Biasanya sudut – sudut ruangan, termasuk dapur tidak mendapatkan pencahayaan yang cukup. Untuk menyiasatinya, Anda dapat memasang lampu pendant. Jenis lampu ini selain dapat menyinari sudut ruangan yang gelap juga dapat mempercantik interior rumah.

Menyeimbangkan Warna Gelap dan Terang

Dinding kamar tidur yang berwarna gelap dapat dikontraskan dengan bedcover lembut berwarna terang seperti warna putih, cream, atau mentega. Warna gelap dan terang yang seimbang akan membuat kamar terlihat lebih cerah.

interior rumah, properti, interior, living room, house

Lukisan Berwarna Ringan

Lukisan gelap dapat memberikan estetika yang dramatis untuk ruangan dengan sumber cahaya yang cukup seperti banyak jendela. Namun jika interior rumah Anda memiliki jendela sedikit dan bahkan berukuran kecil, maka pilihlah lukisan yang warnanya lebih ringan.

Kabinet Berwarna Cerah di Dapur

Jika Anda merasa dapur di rumah Anda gelap atau kurang cahaya, maka Anda dapat membuatnya terasa lebih cerah dengan menggunakan lemari atau kabinet yang berwarna terang untuk dipadukan dengan lantai dapur yang gelap. Selain kabinet yang dicat dengan warna terang, meja dapur juga dapat dicat dengan warna yang lebih ringan.

interior rumah, properti, interior, living room, house