Rumah memang tak bisa luput dari yang namanya kotoran. seberapa sering Anda membersihkannya, tetap ada saja kotoran yang melekat di perabotan, alat-alat rumah tangga, lantai, dan lain sebagainya. Debu-debu halus dan kotoran membandel kerap menempel di alat-alat rumah tangga khususnya kompor. Kompor adalah salah satu peralatan dapur yang paling rawan kotor karena setiap hari digunakan. Jika Anda khawatir dengan pembersih yang biasa dijual di luaran karena bahan-bahan kimianya yang berbahaya, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang juga bisa berfungsi sebagai pembersih alami. Murah dan aman adalah dua kelebihan dari penggunaan bahan-bahan alami ini. Apa saja bahan alami yang dimaksud? Berikut informasinya untuk Anda.

Lemon

Lemon tak hanya segar ketika dijadikan sebagai bahan minuman. Lemon juga ternyata bermanfaat sebagai pembersih alami  untuk beberapa jenis peralatan rumah tangga. Caranya, peras satu buah lemon lalu disimpan air perasan lemon di dalam lemari es selama beberapa jam. Tujuannya adalah untuk menetralisir bau pada lemari es. Lemon juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur lainnya. Caranya, sediakan perasan lemon di wadah kecil lalu gunakan bola kapas atau spons untuk dicelupkan pada perasan lemon. Gosokan bola kapas atau spons tersebut pada noda hingga noda hilang.

Manfaat lainnya dari lemon yaitu dapat dijadikan sebagai pengusir serangga-serangga sumber penyakit seperti kecoa dan kutu. Caranya, semprotkan cairan perasan lemon pada tempat-tempat tertentu yang sering dilalui kecoa dan kutu. Perasan lemon juga bisa dijadikan bahan campuran untuk mengepel.

Cairan cuka

Cairan cuka putih juga sering disebut sebagai cairan serbaguna. Cukup dengan menuangkan setengah cangkir cuka putih dan setengah baking soda lalu beri air panas. Sediakan kain berish dan lembut lalu rendam kain tersebut ke dalam larutan cuka putih dan baking soda. Kemudian gosokan kain pada noda yang membandel. Noda pun akan hilang dengan sempurna.

Garam

pembersih alami, bahan alami, pembersih ruangan, properti, pembersih rumah

Ada cara termudah membersihkan peralatan dengan bahan alami, yaitu dengan menaburi garam saja lalu digosok2an dengan menggunakan spons. Dengan garam, Anda juga bisa membuat spons pencuci piring Anda lebih awet.  Garam juga bahan alami yang sangat ampuh untuk membersihan kotoran membandel pada peralatan rumah tangga yang berbahan besi. Caranya, beri ¼ sendok makan garam dengan 1 liter air hangat. Gunakan spons kawat lalu gosokan spons kawat pada noda.

Air panas

Air panas bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kompor dan microwave yang kotor. Nah, untuk noda yang sifatnya lengket, tambahkan baking soda secukupnya lalu campurkan dengan air sedikit-sedikit hingga memiliki tekstur seperti pasta. Gosokan pasta tersebut pada noda hingga noda hilang.

Demikan informasi singkat mengenai beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai pembersih alami yang aman dan efektif. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.