Saat ini solar panel atau panel surya sudah mulai banyak dipergunakan untuk bangunan, tak terkecuali rumah tinggal. Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa panel tersebut menawarkan banyak manfaat. Selain menyuguhkan akses terhadap listrik lewat energi matahari, sel surya menawarkan dampak jangka panjang yang menguntungkan untuk rumah misalnya penghematan biaya listrik. Tidak hanya itu saja, penggunaan panel tentu sangat baik untuk lingkungan.

Walaupun demikian, tidak banyak orang yang tahu tahap – tahap untuk memasang solar panel di rumah. Ini sebanding dengan tidak banyaknya orang yang memakainya. Cara yang paling mudah adalah Anda  belajar dulu dari orang yang lebih dulu menggunakan panel surya, salah satunya adalah Andoko Aribowo yang bekerja di bidang perminyakan.

Pria tersebut telah memanfaatkan produksi solar panel sebagai alternatif untuk mengaliri listrik untuk rumahnya. Panel yang dipasang di rumahnya juga sudah diintegrasikan dengan sistem baterai, smart grid, dan daya dari PLN sampai dapat mengurangi tagihan listrik setiap bulan.

Pria yang sebelumnya disapa dengan nama Ari ini menjelaskan bahwa dirinya memulai dengan langkah yang salah. “Saya dulu terlalu bersemangat, saya membeli panelnya lebih dulu, semua macam dibeli,” tuturnya. Ia juga menuturkan bahwa pengalaman itu dapat saling dibagi demi hasil yang lebih baik.

Oleh sebab itu Ari pun memberikan tips jika Anda berencana untuk memulai menggunakan solar panel di rumah. “Langkah pertama, survei dan lihat posisi rumah pada orientasi matahari. Selanjutnya, hitunglah penggunaan listrik di rumah Anda, apa saja yang digunakan. Cara yang paling mudah adalah melihatnya lewat tagihan PLN.

atap rumah

Anda dapat mengekstrak dari sana. Selanjutnya, ketahui daya yang digunakan dari PLN dapat melihat MCB atau double check langsung ke PLN. Jika berangkat dari survei itu, menurutnya Anda dapat memperkirakan berapa banyak yang hendak dihemat.

“Kita bukan berbicara tentang detailnya tetapi big picture rumah. Penggunaannya berapa sebulan, mau dipotong berapa, atau ia mau 100% sampai tinggal abonemenya saja? Nah dari sana kita dapat menghitung,” ucap Ari.

Selanjutnya, buatlah pengajuan kepada PLN untuk memasang meter impor dan ekspor. “Proses meteran ini dapat memakan waktu hingga 4 bulan dari proses pengajuan hingga dipasang. Jadi bisa dibilang kalau kita membeli meteran tersebut, kita menukarnya dengan meteran yang lama baik itu pascabayar atau token dengan meteran ekspor impor,” tutur Ari.

Jika meteran itu sudah berjalan, maka panel surya sudah bisa dipasang. “Jika tidak seperti itu, produksi listrik akan terbuang.” Selain itu Ari juga memberikan saran agar sebaiknya menggunakan panel 50% dari kapasitas yang diperlukan.

“Jika kita perlu 1000 tetapi hanya memasang 100, maka hasilnya tidak akan terasa. Dampaknya yang nyata tidak akan terlihat. Jika ingin terlihat seperti itu, maka sebaiknya gunakan sistem AC/DC sampai mengetahui performanya dan nyaman.

Selanjutnya, solar panel dapat diintegrasikan dengan sistem. Yang terakhir, perkirakan jumlah baterai yang dikehendaki. Dengan baterai, maka kelebihan produksi dari panel dapat disimpan sebagai cadangan untuk malam hari.

Panel Surya