Bekerja ditemani berbagai tanaman cantik, ternyata bisa meningkatkan keuntungan tersendiri. Jadi kalau selama ini ruangan kerja Anda masih bersih dari keberadaan tanaman, menempatkan tanaman di sekitar ruang kerja menjadi pilihan tepat. Cara aplikasinya sangat sederhana dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Apa sebenarnya manfaat tanaman di ruang kerja?

Tanaman di ruang kerja menjadikan pekerja lebih produktif

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Psychology membuktikan manfaat lebih dari tanaman yang berada di ruangan kerja. Penelitian ini berlangsung pada tahun 2014 silam. Ternyata adanya tanaman di dalam ruangan kerja, dapat meningkatkan produktivitas pekerja. Manfaat ini tentunya sangat berguna bagi siapa saja.

Ketua riset ilmiah tersebut adalah Marlon Nieuwenhuis, yang berasal dari Cardiff University. Kantor konsultan yang berada di Kota London, menjadi objek penelitiannya. Mereka menaruh beragam tanaman di sejumlah sudut ruangan di kantor tersebut.

Terdapat 17 orang yang bekerja di dalam ruangan yang tidak terdapat tanaman. Sedangkan 16 orang pekerja lain, beraktivitas di ruangan yang dipenuhi dengan beragam tanaman. Setiap orang setidaknya bisa melihat tiga jenis tanaman dari tempat atau meja kerjanya.

Pemantauan dilakukan dalam beberapa hari untuk melihat adanya perubahan, antara kedua ruangan yang menjadi objek penelitian itu. Pemantauan ini dilakukan di sela-sela jam kerja.  Kedua kelompok tersebut menjalankan simulasi pengerjaan tugas tertentu. Saat tugas itu dilakukan penilaian, para peneliti telah membuktikan sesuatu.

Penelitian ini membuktikan, kalau pekerja yang beraktivitas di ruangan yang dipenuhi tanaman, ternyata bisa merampungkan tugasnya lebih akurat dan cepat. Prosentasenya 15 persen lebih baik, ketimbang pekerja yang menjalankan aktivitas di ruangan tanpa adanya tanaman.

Jadi dalam riset ilmiah ini membuktikan adanya manfaat tanaman di ruang kerja. Karena bisa meningkatkan kualitas hidup para pekerja. Sehingga sangat berpengaruh terhadap tingkat produktivitasnya. Dari hasil riset ini, peneliti ini menantang pihak lain,  yang mengatakan kalau meja kerja yang bersih dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Alasan kenapa produktivitas kerja meningkat

Berbagai percobaan juga diterapkan di berbagai kantor lain setelahnya. Ternyata hasilnya juga positif. Para pekerja merasa sangat puas, dengan kehadiran beragam tanaman di ruang kerjanya. Produktivitas kerja bisa meningkat, apa penyebabnya?

Hal ini karena tanaman berfungsi untuk menekan paparan polusi udara di dalam ruangan. VOC (Volatile Organic Compound) atau senyawa organik volatil, juga dianggap sebagai penghambat kinerja seseorang. Konsentrasi dan ketepatan dalam pengambilan keputusan akan terganggu, kalau level VOC sangat tinggi di dalam ruangan.

Memang skala penelitian tersebut masih terbilang kecil. Tapi setidaknya sudah bisa membuktikan manfaat tanaman di ruang kerja. Aplikasikan tanaman yang tepat berada di dalam ruangan. Sehingga memudahkan dalam perawatannya dan tetap mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Tanaman di Ruang Kerja