Melakukan penataan ulang pada interior rumah tidak harus selalu dengan membeli barang – barang yang baru dan mahal. Pasalnya Anda dapat memanfaatkan barang yang sudah ada di rumah. Barang tersebut kemudian dikemas dalam tampilan yang lebih eye catching.

Salah satu jenis barang yang tergolong unik dan belum banyak dimanfaatkan sebagai elemen untuk mendekorasi ruangan adalah peralatan jahit. Anda mungkin saja memanfaatkan peralatan menjahit seperti kain, benang, atau bahkan mesin jahit kuno yang sudah tidak digunakan lagi.

Bahan – bahan tersebut dapat menjadi pemanis ruangan yang unik dan menarik ketika Anda dapat mampu mengkreasikannya. Di Jakarta Selatan, ada sebuah restoran yang mempunyai ide unik dan dapat Anda aplikasikan untuk mempercantik interior rumah Anda.

Hadir dengan mengusung konsep Sewing Room, desainer interior di restoran tersebut menempatkan beberapa macam peralatan jahit sebagai elemen dekorasi ruang. Kancing dengan aneka warna atau gulungan benang wol yang diletakkan di dalam toples kaca bening menjadi hiasan yang menarik untuk mempermanis bagian jendela.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menempatkan gulungan kain yang dilipat kemudian ditumpuk di rak terbuka atau ambalan. Jika tidak digulung, kain tersebut juga bisa dilipat. Supaya terlihat lebih menarik, cobalah untuk memilih kain yang memiliki warna cerah dan mempunyai motif yang menarik seperti dots (bulat – bulat), floral (bunga – bunga), atau stripes (garis – garis).

Yang terakhir, bila Anda mempunyai mesin jahit tua yang sudah tidak digunakan, mesin jahit tersebut dapat diletakkan di salah satu sudut ruangan. Atau mesin jahit tersebut dapat diupcylcing atau dimanfaatkan lagi dengan fungsi yang berbeda misalnya dijadikan sebagai meja.

Caranya yaitu dengan menyingkirkan bagian mesinnya yang sudah tidak terpakai tetapi masih tetap mempertahankan bagian kaki dari mesin jahit. Adanya mesin jahit tua tersebut tentu dapat membuat interior rumah terlihat berbeda dan unik.

Meja dari mesin jahit bekas tersebut dapat menjadi elemen dekoratif yang unik dan dapat dimanfaatkan untuk meletakkan benda – benda pajangan seperti vas bunga, bingkai foto, atau pajangan lainnya. Biasanya mesin jahit tua yang sudah tidak terpakai tampilannya terlihat usang karena beberapa bagian catnya mungkin sudah mengelupas. Oleh sebab itu agar tampilannya terlihat lebih menarik, Anda dapat mengecat kembali mesin jahit tersebut sehingga tampilannya seperti baru dan lebih layak untuk menghiasi ruangan di rumah Anda.

Selebihnya, Anda dapat menggunakan sedikit kreativitas Anda untuk memanfaatkan berbagai peralatan jahit untuk mempercantik rumah. Misalnya Anda menempatkan beberapa toples yang diisi dengan kancing- kancing yang beraneka bentuk dan warna. Satu toples dapat diisi kancing dengan jenis dan warna yang sama. Saat ini kancing baju sudah hadir dalam berbagai macam bentuk dan warna sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan tampilan yang berbeda – benda dengan hiasan tersebut.

Peralatan Jahit