Rumah bagi banyak orang bukan sekedar tempat untuk berlindung dan berkumpul bersama keluarga. Rumah menjadi bagian penting dalam kehidupan karena sebagian besar waktu Anda akan dihabiskan di rumah. Oleh karena itu, Anda wajib merencanakan pembangunan rumah dengan baik baik dari segi desain, kenyamanan, dan bahkan kesehatan. Ya, kesehatan rumah akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan penghuninya dan bahkan lingkungan di sekitar rumah tersebut.

Anda tidak bisa hanya membuat rumah dengan desain yang indah dan nyaman. Rumah mewah tidak akan cukup menjamin kehidupan Anda karena Anda juga akan membutuhkan rumah sehat. Membangun rumah yang sehat tentunya tidak bisa sembarangan karena ada beberapa prinsip yang harus Anda perhatikan untuk memastikan bahwa rumah tersebut mampu mendukung kesehatan para penghuni dan lingkungan di sekitarnya.

Hal pertama yang paling prinsip untuk membangun rumah yang sehat adalah akses pencahayaan alami.Untuk mengoptimalkan akses pencahayaan alami dari matahari, Anda perlu mempertimbangkan posisi bangunan sehingga cahaya matahari bisa masuk.Jika rumah Anda terlanjur berada di posisi yang tidak memungkinkan cahaya matahari untuk mengakses bagian dalam rumah, Anda bisa membuat skylight menggunakan kaca transparan di langit-langit rumah.

Anda juga bisa mengoptimalkan pencahayaan di dalam rumah Anda dengan memasang kaca jendela yang transparan dan membangun ruangan tanpa sekat permanen yang masif juga menutup dinding ruangan dengan car berwarna putih untuk memantulkan cahaya.Optimalisasi pencahayaan alami selain sehat juga membantu Anda untuk menghemat biaya listrik. Agar akses sinar matahari ke dalam rumah optimal, Anda sebaiknya membuat orientasi bangunan yang dibangun menghadap Utara-Selatan sehingga bagian dalam rumah tidak akan terpapar sinar matahari langsung. Selain itu, Anda sebaiknya membuat ruangan dengan ukuran lebar dua kali ukuran tinggi bukaan.

Anda juga perlu memperhatikan ventilasi alami dalam rumah untuk mendapatkan rumah sehat.Sirkulasi udara perlu dijaga dengan membuat lubang pada dinding bangunan sehingga udara di dalam rumah bisa berganti dengan udara luar yang secara terus-menerus. Satu hal yang tak kalah penting untuk mendapatkan rumah dan lingkungan yang sehat adalah sistem manajemen limbah  yang baik dengan memilah limbah sesuai dengan jenisnya. Anda sebaiknya memisah sampah organik dan non-organik sebelum membuangnya.

Air hujan juga bisa Anda manfaatkan dengan menampungnya di dalam tong besar atau bahkan kolam. Air tampungan ini bisa digunakan untuk berbagai kegiatan mulai dari menyiram tanaman hingga menyiram toilet. Namun, Anda juga tidak boleh lupa untuk menggunakan bubuk abate untuk memastikan bahwa tidak ada jentik-jentik nyamuk yang berkembang di dalam tampungan air hujan tersebut.

Langkah terakhir untuk mendapatkan rumah sehat, Anda sebaiknya tidak menutup halaman rumah dengan cor beton atau tembok secara keseluruhan.Anda bisa menggunakan rumput untuk menutup halaman sehingga air pun bisa meresap sempurna ke dalam tanah tanpa ada genangan.

2.Mau Rumah Sehat Ini Prinsipnya2