Apa Itu Hempcrete?

Hempcrete adalah bio-komposit yang terbuat dari inti kayu bagian dalam tanaman ganja dicampur dengan pengikat berbasis kapur. Inti Hemp atau “Shiv” memiliki kandungan silika tinggi yang memungkinkannya untuk mengikat dengan baik dengan kapur. Properti ini unik untuk rami di antara semua serat alami. Hasilnya adalah bahan isolasi semen ringan yang beratnya sekitar sepertujuh atau seperdelapan dari berat beton. Blok hempcrete sepenuhnya sembuh mengambang dalam seember air. Ini tidak digunakan sebagai elemen struktural, hanya sebagai isolasi pengisian antara anggota frame meskipun cenderung mengurangi racking. Semua beban dibawa oleh framing internal. Pembingkaian stud kayu paling umum membuatnya cocok untuk konstruksi bertingkat rendah. Bangunan Hempcrete setinggi sepuluh lantai telah dibangun di Eropa.

 Mengenal Hempcrete,

Gambaran Umum Hempcrete

Bahan dicampur dalam adukan mortar selama 1-2 menit dan diisi dengan tangan ke dalam rongga dinding. Dindingnya slip-formed dengan “shuttering” kayu atau plastik sementara membentuk bentuk permukaan dalam / luar. Bahannya ringan dan dapat dipindahkan dengan mudah di sekitar tempat di bak dan melewati mode bucket-bridage ke pekerja mengisi rongga. Pembersihan mudah. Cukup sampai ke dalam tanah.

Bahan selesai bagian luar dengan lapisan render keras sekitar 20mm, untuk melindunginya dengan lapisan akhir berwarna. Hasil akhirnya tampak seperti bangunan yang sudah selesai. Bagian dalam dapat dibiarkan alami atau selesai dengan plester kapur untuk tampilan tradisional.

Hemp-fill jpg

Hempcrete ditemukan di abutment jembatan di Perancis yang dibangun pada abad ke-6. Sejak penemuannya kembali itu telah terlihat semakin banyak digunakan di Eropa. Hemp industri ditanam oleh petani komersial bersertifikat sehingga tanaman dapat disertifikasi menjadi sangat rendah di THC. Rami tidak psikoaktif. Mengingat telah bertahan selama 14 abad, orang-orang berharap bangunan rami akan memiliki umur yang panjang.

Hemp sendiri adalah tanaman menguntungkan yang tidak membutuhkan pupuk, pembunuh gulma, pestisida atau fungisida. Tumbuh begitu lebat sehingga gulma tidak bisa tumbuh. Petani membudidayakannya dengan tanaman lain seperti barley atau rye. Tanaman yang mengikuti Hemp tidak membutuhkan pembunuh gulma karena Hemp telah mendorong gulma keluar. Biji Hemp dipanen sebagai suplemen makanan bergizi yang kaya akan minyak Omega-3, asam amino, protein, dan serat. Ini dianggap sebagai “makanan super”. Serat luar digunakan untuk kain biasanya sebagai campuran dengan kapas 45%. Inti dalam kayu dipotong ke ukuran seragam untuk kita gunakan. Ini secara tradisional digunakan sebagai tempat tidur hewan. Pemilik kuda yang penuh nafsu menuntutnya.

Selama lebih dari 60 tahun, pertumbuhan Hemp di Amerika telah ilegal, karena menyerupai ganja sepupu psikoaktif. Ini ditanam secara legal di Eropa, Inggris dan Kanada melalui sistem petani berlisensi yang memproduksi benih bersertifikat rendah di THC (<0,05%). Para petani harus membeli benih mereka dari para penangkar benih ini dan ladang mereka diperiksa secara berkala. Rami kami harus diimpor dari Inggris. Sebuah pabrik baru untuk memproses inti hemp sedang dibangun di Kanada sehingga harus ada pemasok Amerika Utara segera.

Saat ini kontraktor-kontraktor bangunan dunia yang tergabung ke dalam The International Hemp Building Association, telah banyak menggunakan dan merekomendasikan hemp sebagai material utama sebuah bangunan. Selain ‘eco friendly’ alias ramah lingkungan, penggunaan hemp seperti di lansir dari The Hemp builder, adalah di antaranya fire resistant, sound proof, anti toxic, thermal insulation, resistant to rat and mice, dan pastinya sangat murah. Wah kapan ya Indonesia ada Hempcrete?