Pernahkan Anda mendengar tentang bunga pukul empat? Ya, jenis bunga yang satu ini memang belum banyak diketahui. Namun meskipun bunga ini jarang diketahui oleh orang-orang, tetapi namanya yang menarik justru mulai banyak menarik perhatian, utamanya bagi mereka yang menyukai tanaman hias. Bunga ini memiliki nama yang unik karena berkaitan dengan kebiasaan yang dimilikinya. Kebiasaan bunga tersebut adalah mekar pada waktu malam hari dan justru menutup pada waktu pagi serta siang hari.

Nama asli dari bunga tersebut adalah Mirabilis Jalapa. Mengapa bunga yang satu ini dinamakan dengan pukul empat? Karena bunga ini memiliki sikap yang cukup peka terhadap beberapa bentuk perubahan, utamanya yang berkaitan dengan intensitas cahaya serta suhu dari lingkungan di sekitarnya. Kepekaannya terhadap dua hal tersebut membuat bunga ini merespon dengan membuka dan juga menutup bagian mahkota yang dimilikinya. Bagia mahkota biasanya akan terbuka jika suhu mulai dingin. Namun ketika suhu mejadi lebih panas, maka mahkota bunga itu pun akan menutup kembali. Menariknya lagi, bunga ini juga mengeluarkan wangi yang khas seperti wangi lemon manis ketika ia tengah mekar.

Jika dilihat secara visual, bunga yang satu ini juga cukup manis, bahkan sesuai dengan kata manis dari aroma yang dimilikinya. Selain itu, bunga ini juga memiliki aneka warna yang menarik, seperti halnya warna merah muda, kuning, orange, putih, magenta, dan juga warna-warna lainnya yang dapat membuat tampilan taman lebih menarik. Karena itulah untuk membuat desain tampilan bagian eksterior atau pun interior rumah menjadi lebih indah, maka cobalah untuk menghiasnya dengan bunga pukul empat  ini.

Selain itu, beberapa bentuk tampilan dari bunga ini juga memiliki keunikan. Keunikan tersebut ditunjukkan dengan bagian garis-garis dengan warna yang kontras padanya. Seperti halnya bunga dengan warna putih yang disertai bagian bergaris kuning pada permukaan. Hal ini tentunya semakin unik saja untuk dilihat, apalagi keunikan serta keindahan dari bunga tersebut hanya bisa Anda nikmati di malam hari.

Bagi Anda yang ingin memiliki bunga tersebut dan kemudian mengembangbiakannya sehingga bertambah banyak. Anda tidak perlu merasa khawatir. Karena bentuk perawatan yang dilakukan padanya pun tidak memerlukan cara khusus yang berlebih. Hal inilah yang membuat bunga yang berasal dari bagian negara Amerika Selatan ini berkembang dengan pesat pada beberapa bagian negara lainnya, termasuk Indonesia.

Selain berguna untuk hiasan bagi rumah Anda, tanaman ini juga dapat memberikan Anda berbagai macam bentuk manfaat lainnya. Hal ini berkaitan dengan manfaat dari bunga tersebut yang juga dapat digunakan sebagai pewarna makanan, berguna untuk menjaga kesehatan, seperti halnya mengobati luka terbuka, radang sendi atau bahkan diuretik. Karena itulah bagi Anda yang menyukai rumah dengan hiasan tanaman bunga. Cobalah untuk menghiasinya dengan tanaman dari bunga pukul empat ini. Karena bunga ini juga dapat memberikan banyak keuntungan bagi Anda sebagai pemiliknya.

Bunga Pukul Empat