Mendesain dan mendekorasi ulang lemari buku supaya terlihat cantik tentu bukan pekerjaan yang mudah. Di rak panjang atau lemari, buku – buku disusun dengan bentuk yang hampir sama. Tetapi jika Anda menginginkan tampilan lemari buku terlihat beda dengan yang lain, maka Anda dapat mencoba beberapa tips dalam menata lemari buku yang ingin Anda pajang.

Pada saat mendekorasi rak buku, Anda dapat mengikuti model penataan rumah. Bila rumah bergaya kontemporer, minimalis, atau modern, maka desain dan tampilan lemari sebaiknya memperlihatkan gaya ini yaitu minim dengan ornamen dan lebih efisien.

Jika Anda mempunyai banyak koleksi buku, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengatur buku – buku tersebut sesuai dengan warna. Lemari buku Anda akan terlihat dramatis dengan tampilan seperti pelangi. Gradasi warna buku dengan susunan buku yang rapi dapat menghasilkan tampilan ruang yang menarik. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menyusun buku berdasarkan tema, jenis, dan ukuran buku.

Misalnya, Anda dapat menata buku non fiksi dan fiksi di rak buku yang berbeda. Supaya lemari buku terlihat menarik, Anda dapat memadukan dengan karya seni yang dipajang di dinding bagian atas lemarik. Lukisan, foto – foto, dan benda seni lainnya juga dapat dipasang dengan teknik layering atau dikombinasikan dengan berbagai bingkai dengan ukuran, model, dan bentuk yang berbeda supaya terlihat cantik.

Rak Buku

Untuk sentuhan akhirnya, Anda dapat memberikan pencahayaan yang unik dan menarik seperti track lighting untuk menyorot rak tersebut. Lampu tersebut dapat dipasang di langit – langit dan difokuskan ke sejumlah titik di lemari. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menempatkan beberapa lampu kecil di beberapa titik lemari.

Atau, Anda juga dapat menempatkan beberapa lampu kecil di bagian atas rak lemari untuk disorotkan ke isi lemari. Alternatif yang lain, tempatkan lampu di balik benda seperti vas bunga untuk latar panjangan. Cara seperti ini akan membantu membuat koleksi buku – buku Anda terlihat rapi dan menjadikan interior terlihat lebih cantik dengan kehadiran lemari buku Anda.

Jika Anda ingin menjadikan rak buku di ruangan Anda terlihat menonjol, sebaiknya pilihlah warna yang berbeda dengan kebanyakan lemari buku pada umumnya. Biasanya, lemari tersebut menggunakan warna- warna natural kayu yang dipernis. Untuk membuatnya terkesan berbeda, Anda dapat memilih rak dengan warna berbeda seperti warna putih, warna biru, atau warna lainnya sehingga terlihat mencolok.

Rak lemari buku tidak harus diletakkan di ruang perpustakaan rumah. Furniture ini dapat diletakkan di mana saja selama memungkinkan seperti ruang tamu, ruang keluarga, bawah tangga, atau tempat lainnya. Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah membuat rak tersebut tidak terlihat membosankan. Jangan lupa untuk meletakkan kursi yang nyaman untuk membaca entah itu kursi berlengan atau sofa berukuran sedang dengan bagian bawah kakinya dialasi dengan karpet yang unik dan lembut

Rak Buku