Tinggal dalam sebuah apartemen, rumah kontrakan, kos – kosan, atau sewaan yang tidak mengijinkan Anda mengubah tampilan ruangan secara permanen sebenarnya tidak menjadi halangan. Anda tetap mampu membuat interior memancarkan personalitas Anda hanya dengan melakukan beberapa trik sederhana. Kyle Schuneman, seorang desainer interior dan dekorator yang biasa menangani ruangan – ruangan berukuran kecil akan membagi rahasianya untuk Anda.

Pengguna hunian sewaan dapat memiliki interior yang benar – benar sesuai dengan keinginannya tanpa harus mengubah interior ruangan secara permanen. Hal tersebut dijelaskan secara rinci oleh Kyle Schuneman dalam bukunya yang berjudul “The First Apartment Book”. Buku ini berbagi beberapa desain menarik untuk ruangan yang berukuran kecil.

Sang desainer bahkan menyebutkan cara ia mengubah interior dengan sebutan ‘rentovating’ yang merupakan perpaduan antara kata rent dan renovating.

“Saya menyebutnya dengan istilah rentovating yaitu menciptakan solusi desain yang non permanen untuk membuat hunian sewaan sesuai dengan cara hidup Anda,” tutur Schuneman. Sang desainer juga memberikan 5 bukti hasil karyanya selama ini dalam memperbaiki apartemen di seluruh wilayah Amerika Serikat.

Schuneman sukses menerapkan solusi – solusi sederhana yang temporer tetapi terlihat sangat istimewa. Berikut ini adalah contohnya.

Pertama, Schuneman mencoba mempercantik sebuah apartemen yang mempunyai perapian tua. Perapian tersebut sudah tidak bisa digunakan. Alih – alih membongkar perapian tersebut, Schuneman justru mengecat perapian tersebut dengan warna putih dan menambahkan kertas dinding temporer di bagian belakangnya. Ia juga meletakkan buku – buku di dalam lubang perapian sehingga jadilah rak buku istimewa dari perapian.

Kedua, sang desainer juga mengubah tampilan apartemen berkonsep open space dengan cara meletakkan lampu gantung unik di tengah – tengahnya. Bahkan ia juga membuat sendiri lampu – lampu tersebut menggunakan rangka matras dan lampu dekoratif.

“Lighting atau pencahayaan adalah bagian integral dalam sebuah desain dan dapat menjadi cara yang ampuh untuk menegaskan ruang makan,” ucap sang desainer.

Yang ketiga, Schuneman mencoba melapisi jendela menggunakan beberapa bahan agar jendela tersebut berserta seluruh ruangan terlihat lebih mewah. Menurut sang desainer, banyak orang yang menyewa rumah malas untuk melakukan cara ini. Padahal membuat penutup jendela sendiri sebenarnya tidak memerlukan budget yang terlalu mahal.

Keempat, Anda dapat memasukkan berbagai macam corak dan warna melalui dekorasi temporer. Misalnya saja, Anda dapat menempatkan headboard berwarna – warni di dalam kamar tidur. Tidak hanya itu, Anda juga bisa saja menggunakan stiker khusus keramik untuk kamar mandi.

Contoh – contoh unik yang dilakukan oleh Schuneman ini tentu hanya sebagian kecil dari apa yang dapat Anda lakukan untuk proses rentovating di rumah sewaan Anda. Jika desain interior rumah hunian sesuai dengan selera penghuninya, Anda tentu akan semakin nyaman dan betah untuk tinggal di dalamnya.

2.Rentovating, Cara Mudah Dekorasi Interior Hunian Sewaan.2