Sprei adalah bagian yang paling dekat dengan Anda, utamanya ketika Anda tengah tertidur, karena itulah untuk menjaga kesehatan, maka Anda harus lebih rutin mengganti sprei yang sudah dipakai dengan sprei baru. Namun kagiatan yang satu ini seringkali dilewatkan, dengan alasan sprei yang Anda gunakan belum kotor. Padahal tahukan Anda jika sprei kasur jarang diganti dan dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka terdapat berbagai macam hal yang mengerikan terdapat di dalamnya? Dengan kata lain meskipun terlihat bersih, justru sprei tersebut dapat menjadi lahan yang kotor bagi tubuh Anda.

Dari sekian lama sprei yang tidak diganti, ternyata terdapat berbagai macam bentuk mikroorganisme yang sangat mengganggu kesehatan. Seperti halnya bakteri serta fungi. Selain itu debu binatang, kemudian tanah, polen, sel kulit, serat pakaian, dan bahkan sekresi dari tubuh ketika Anda tertidur di bagian atas kasur pun terdapat di dalamnya. Karena itulah sprei kasur menjadi bagian yang kotor dan wajib diganti dalam beberapa waktu sekali.

Hal ini juga terlihat melalui fakta lainnya yang menyatakan meskipun tubuh Anda berada dalam kondisi yang bersih, namun tetap saja Anda akan menghasilkan sekitar 26 galon cairan keringat, utamanya ketika tengah tertidur dibagian atas kasur untuk setiap tahunnya. Hal ini tentu saja menjadi lahan yang ideal bagi fungi untuk tumbuh di dalamnya. Bahkan dalam bantal bulu serta sintetik yang berusia sekitar 1,5 hingga 20 tahun juga dapat ditemukan sekitar 4 hingga 17 spesies dari berbagai macam fungi yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Dari pernyataan tersebut, tentu saja sprei kasur jarang diganti pun menjadi lahan yang juga digunakan oleh fungi dan juga berbagai macam mikroorganisme lainnya untuk berkembang biak. Meskipun tidak terlihat, namun beberapa macam bentuk mikroorganisme tersebut memang menjadi hal yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Selain mengganggu kesehatan kulit, pernafasan, ia juga dapat menyebabkan berbagai macam bentuk masalah lainnya.

Sementara itu mereka juga seringkali menimbulkan reaksi alergi yang pada akhirnya menimbulkan bersin-bersin atau bahkan  gatal-gatal yang menjadi bagian dari masalah kulit dari kesehatan tubuh Anda. Selain itu, jika Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan di bagian atas kasur, hal ini juga patut untuk Anda hindari. Karena dengan menyimpan berbagai macam bentuk makanan di atas kasur, maka dapat mengakibatkan adanya hewan yang juga turut menginjak kasur Anda, seperti halnya semut atau bahkan kecoa.

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi, tentunya Anda dapat membandingkan apa saja hal yang wajib untuk Anda lakukan dan wajib untuk Anda hindari. Beberapa hal yang wajib untuk dilakukan adalah mengganti sprei kasur dengan yang baru. Sedangkan hal yang harus dihindari adalah makan di atas kasur atau bahkan membiarkan sprei kasur jarang diganti begitu saja. Cara aman untuk mengganti sprei dilakukan dalam waktu 1 minggu sekali.

Sprei Kasur