Salah satu alasan membiarkan rumah Anda seperti biasa hingga bertahun-tahun adalah karena Anda sering kebingungan akan merenovasi rumah seperti apa. Perlu Anda ketahui bahwa renovasi rumah tidak harus menelan biaya yang sangat besar.

Dengan melakukan perubahan kecil saja namun tepat, maka akan memberikan hasil yang signifikan pada kondisi rumah Anda. Lalu, seperti apa renovasi yang sederhana dan tidak menelan biaya besar itu?

Trik renovasi rumah yang sederhana namun memberikan hasil yang signifikan adalah dengan mengganti warna dinding. Anda pun bisa memilih warna yang beragam. Bereksperimenlah dengan warna-warna sehingga nantinya rumah Anda akan tampak berbeda hanya dengan mengganti warna cat saja.

Selain mudah untuk dilakukan, biaya yang dibutuhkan untuk renovasi rumah seperti ini juga sangat terjangkau. Bagaimana jika Anda masih senang dengan warna dinding tetapi ingin melakukan renovasi?

Tenang saja, masih ada cara lain yang mudah dan murah. Cara lain tersebut adalah dengan menata ulang furniture atau mengurangi furniture di dalam rumah Anda. Cara ini tentu sangat mudah dan nyaris tidak membutuhkan biaya, bukan?

Anda hanya perlu menggeser dan mengganti posisi furniture dari tempat lama ke tempat yang baru. Walaupun sepele tetapi cara ini memberikan hasil yang maksimal. Coba rasakan perbedaan sebelum dan sesudah Anda melakukan cara ini.

Jika terlalu penuh, Anda pun juga bisa mengurangi barang yang ada. Dengan begitu, ruangan akan tampak lebih longgar dan lebih segar dari sebelumnya. Tidak masalah menambahkan barang baru dalam renovasi rumah Anda asalkan barang tersebut memang tepat.

Misalnya, Anda bisa membeli beberapa lukisan atau membeli pigura untuk foto-foto berkesan yang Anda miliki. Setelah itu, gantung lukisan atau pigura pada dinding yang Anda inginkan. Pastikan pula lukisan dan pigura foto tersebut digantung pada tinggi yang tepat.

Jangan menggantungnya terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Selain tidak nyaman untuk dilihat, juga tidak terlalu tepat dari segi estetika. Ada baiknya pula memilih dinding yang ruanganya masih longgar sehingga nantinya ruangan menjadi terlihat seimbang.

Jangan menggantungnya pada ruangan yang sudah penuh karena akan memberikan kesan semakin sesak. Jika tidak suka menggantung sesuatu di dinding, maka gantilah dengan menempatkan karpet. Dengan memilih desain karpet yang tepat, ruangan Anda pun akan terasa berbeda.

Kadang kala, Anda juga perlu membebaskan pikiran saat melakukan renovasi rumah. Jangan terlalu tergantung dengan tema karena tema sering membuat ruangan tampak monoton. Sekali-kali cobalah menggabungkan beberapa tema hingga suasana ruangan rumah menjadi sangat berbeda.

Bisa jadi justru keluarga atau sahabat Anda suka dengan gaya Anda tersebut dan ingin menirunya. Yang paling penting, merenovasi rumah tidak harus selalu rumit dan mengeluarkan biaya mahal. Trik di atas membuktikan bahwa Anda tetap bisa merenovasi rumah secara maksimal.

Renovasi Rumah