Ubin mozaik hanyalah salah satu jenis ubin dekoratif yang bisa Anda jadikan inspirasi yang sangat kreatif untuk keindahan lantai dan dinding rumah Anda. Penggunaan ubin jenis ini akan memberikan keindahan dan kesegaran tersendiri di rumah Anda. Selain membuat ruangan menjadi lebih indah, ubin mozaik ini juga memiliki sejumlah keunggulan lebih banyak bila dibandingkan dengan jenis ubin lainnya. Misalnya saja soal motif dan warna. Sesuai dengan namanya, ubin mozaik memiliki motif beraturan yang sangat indah. Demikian juga dengan warnanya. Warna ubin bisa terdiri dari lebih dari satu warna.

Coba Anda bandingkan dengan jenis ubin yang lainnya. Ubin lain tak memiliki motif dan warna seindah ubin mozaik. Sulit rasanya untuk menciptakan dekorasi lantai dan dinding yang kreatif jika menggunakan ubins biasa yang polos-polos saja. Keunggulan lain dari ubin mozaik ini adalah kemampuannya dalam menciptakan tampilan yang ekslusif dan personal. Apalagi jika didesain secara custom designed.

Ada cukup banyak variasi ubin mozaik baik dilihat dari bentuk, ukuran, material, dan desain. Diantara sekian banyak varian ubin mozaik, ada satu varian yang sangat terkenal yakni ubin mozaik yang terbuat dari kaca. Varian ubin mozaik yang satu ini biasanya memiliki ciri berwarna terang seperti hijau, merah, atau kombinasi beberapa warna terang sehingga terlihat seperti pelangi. Ada juga pilihan varian lainnya jika Anda kurang tertarik dengan mozaik dari kaca. Varian tersebut adalah ubin mozaik yang terbuat dari marmer. Varian ubin mozaik dari marmer ini cocok sekali untuk Anda yang menginginkan tampilan lantai atau dinding yang mewah dan klasik. Varian ubin mozaik terakhir yang terkenal adalah ubin mozaik dari metal/ logam. Nah, ubin mozaik dari metal ini cocoknya untuk tampilan ruangan yang bertemakan urban, kontemporer, dan modern.

ubin mozaik, rumah, lantai, dinding, properti

Untuk Anda yang tertarik dengan nuansa alami di dalam rumah, coba saja jenis ubin mozaik dari batok kelapa. Jenis ini terlihat sangat alami karena pada bagian permukaan ubin masih terlihat serat-serat batok kelapa yang sangat jelas. Indonesia adalah pengekspor terbesar jenis ubin ini. Banyak masyarakat Amerika Serikat yang sangat tertarik dengan ubin ini. Anda juga boleh mengaplikasikan ubin mozaik ini untuk menonjolkan sisi alami rumah Anda. Adapun jenis/ varian ubin mozaik lainnya adalah ubin mozaik dari keramik, ubin mozaik dari porselen, dan ubin mozaik dari batu-batuan alam.

Masing-masing jenis ubin ini memiliki keunggulan dan kelemahan. Penggunaanya pun sebaiknya disesuaikan dengan interior ruangan pada rumah agar hasilnya serasi, harmonis, dan sedap dipandang mata.  Pemasangan ubin mozaik ini memang terbilang mahal. Selain itu, Anda tak boleh sembarang memasangnya karena jika Anda asal memasang, bisa saja hasilnya kurang senada. Nah, untuk menghindari pemasangan ubin mozaik yang kurang tepat, Anda bisa mengakalinya dengan hanya memasang beberapa ubin mozaik saja sebagai fitur khusus untuk ruangan Anda.. Di kamar mandi, misalnya, pasanglah ubin mozaik pada bak mandi atau bisa juga sebagai lantai pinggiran bathup.

ubin mozaik, rumah, lantai, dinding, properti

BACA JUGA:

5 Tips Mendesain Pintu Utama Rumah Yang Mengesankan
Memilih Tangga Untuk Rumah Bertingkat