Jika buah hati Anda memiliki kebutuhan khusus, maka itu bukanlah alasan untuk tidak mendukungnya untuk berkreasi. Justru sebaliknya, Anda harus memberikan dukungan pada anak Anda. Salah satu bentuk dukungan yang bisa Anda berikan pada anak yang memiliki autisme adalah memberikan lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan dapat mengakomodasi segala kebutuhan khusus si kecil. Sekarang ini orang semakin mengerti bahwa autisme bukanlah suatu kekurangan. Hal ini terbukti karena banyak anak autis yang menunjukkan bakat mereka.

Ide arsitektur yang dapat mendukung penyandang autisme bermula ketika Magda Mostafa, seorang mahasiswa universitas Kairo, Mesir mendapat sebuah proyek yang berbeda dari proyek lainnya pada tahun 2002. Proyek yang diberikan adalah untuk merancang sebuah pusat pendidikan untuk golongan difabel. Proyek ini merupakan pusat pendidikan pertama di Mesir. Proyek ini dimulai dengan observasi pada 88 anak autis. Hasil dari observasi ini adalah desain yang memiliki pendekatan autisme.

2.Arsitektur yang Mendukung Autisme.2

Magda merasa ada alasan dibalik mengapa anak menjadi autis karena itulah dia merasa sebelum dia bisa membuat sebuah rancangan untuk anak yang mengalami autis dia harus bisa mengerti alasan itu. Keunikan adalah salah satu karakterisasi pada anak yang mengalami autis, karena itulah desain untuk penderita autisme tidak harus dikuantifikasi dengan sistematis. Dia juga merasa kalau peneliti terlalu mementingkan perspektif yang akhirnya akan menghambat kreativitas. Dia menyatakan harapannya bahwa penelitian arsitektur untuk penderita autis pada akhirnya dapat membantu anak dengan autisme untuk mengembangkan kreativitasnya.

Proyeknya untuk membuat desain untuk penderita autisme berhasil membuat Magda berasa pada posisi sebagai salah satu peneliti yang paling handal mengenai rangangan untuk penderita autisme. Pada tahun 2012 dia bahkan berhasil untuk menerbitkan sebuah karya baru dengan judul “Arsitektur untuk Autisme” dalam jurnal arsitektur IJAR. Karya lain milik Magda adalah ASPECTSS Autisme ™ Design Index. Dua karya milik Magda ini bertujuan untuk memberikan panduan untuk membuat lingkungan yang dapat mengakomodasi penderita autis. Selain sebagai panduan, dua karya Magda ini juga berfungsi sebagai alat penilaian.

Pada ASPECTSS Autisme ™ Design Index terdapat 7 permasalahan yang dapat menunjukkan rancangan yang dapat memfasilitasi perkembangan positif dan mendukung perkembangan ketrampilan pada pengguna yang difabel. ASPECTSS Autisme ™ Design Index diharapkan dapat membantu arsitek lain untuk membuatdesain untuk penderita autisme. Permasalahan yang ada pada ASPECTSS Autisme ™ Design Index dijelaskan melalui berbagai wawancara, survei, penelitian eksperimental dan kelompok khusus yang terfokus.

7 kriteria yang disebutkan dalam ASPECTSS Autisme ™ Design Index adalah urutan tata ruang, ruang saluran, akustik, kompartemen, zona sensor, keselamatan, dan ruang transisi. 7 kriteria inilah yang dijadikan sebgai dasar untuk desain matriks. Kriteria ini juga bisa digunakan sebagai alat bantu untuk memecahkan berbagai permasalah yang ditemukan pada proyek tertentu.

2.Arsitektur yang Mendukung Autisme.3